Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : DPR Berindak untuk Antisipasi Vaksin Palsu

Berita Terkini : DPR Berindak untuk Antisipasi Vaksin Palsu

Jakarta – Amarah beberapa orang tua korban vaksin palsu kini mulai memuncak. Hal tersebut tampak di Rumah Sakit Harapan Bunda. Mereka mendirikan aliansi dan posko. Langkah tersebut dilakukan karena tidak percaya dengan rumah sakit.

Berita Terkini : DPR Berindak untuk Antisipasi Vaksin Palsu

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay mengesakan bahwa legislatif bakal melakukan pengawasan. Artinya, kinerja pemerintah bakal diawasi untuk mengatasi persoalan vaksin palsu.

”Tugas DPR pengawasan, bukan teknis. Pengawasan terkait kerja-kerja. Lalu bagaimana aturan hukum terkait itu dijalankan dengan baik,” ujar Saleh melalui sambungan telefon, di diskusi Redbons Okezone, Selasa (19/7/2016).

Sementara untuk mendalami penjelasan pemerintah jika vaksin palsu yang dimasukkan ke tubuh bayi tidak berdampak apa-apa, DPR akan membentuk Panja atau Pansus. Terlebih dari hasil rapat dengar pendapat antara Komisi IX dengan Kemenkes, pemberian vaksin ulang dianggap bisa menurunkan kegelisahan para orang tua.

”Menurut penjelasan pemerintah sejauh ini menurut mereka bisa menurunkan kegelisahan. Kita akan membentuk panja atau pansus. Sudah ada kesimpulan rapat,” tambahnya.

Selain itu, Komisi IX mendesak Kemenkes untuk meninjau ulang empat regulasi. Keempat peraturan tersebut ialah Permenkes Nomor 30 Tahun 2015, Permenkes Nomor 35 Tahun 2015, Permenkes Nomor 58 Tahun 2015, dan Permenkes Nomor 2 Tahun 2016.

”Dalam organisasi kesehatan sendiri ada dirjen bina farmasi. Mengawasi obat-obatan untuk digunakan masyarakat secara luas. BPOM tidak leluasa bergerak karena harus ada izin dahulu dari Kemenkes,” ucapnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri Tegaskan Tidak Akan Mencopot Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat

Kapolri Tegaskan Tidak Akan Mencopot Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan tidaka akan mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Pol ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis