Home > Ragam Berita > Nasional > Terungkap Rekaman Percakapan Antara Prasetyo, M Taufik, dan Aguan Soal NJOP

Terungkap Rekaman Percakapan Antara Prasetyo, M Taufik, dan Aguan Soal NJOP

Jakarta – Pada persidangan kasus suap Raperda Reklamasi dengan terdakwa mantan Presdir PT Agung Podomoro Land, Ariesman Widjaja, yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jl Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2016), terungkap rekaman sadapan pembicaraan telepon antara Prasetyo, M Taufik, dan Aguan yang membahas soal NJOP tanah reklamasi.

Terungkap Rekaman Percakapan Antara Prasetyo, M Taufik, dan Aguan Soal NJOP

Pembicaraan terkait NJOP tersebut terdengar janggal karena Raperda soal zonasi dan tata ruang masih dalam pembahasan di DPRD DKI Jakarta.

Berikut kutipan rekaman sadapan telepon itu:

Pras: yang masalah NJOP udah beres kan yang dua tiga juta atau berapa itu?
Taufik: hah?
Pras: pokoknya delapan jutaan lah sama totalnya sampai hitungan itu naek tiga jutaan (tidak jelas) Pak
Pras :Yah si Toke maunya tiga juga aja tuh
Taufik: NJOP? Bener nih mau tiga juta? Gua tiga jutaan semua tiga juga
Taufik: Udah tiga juta kan kemarin gua bilang Meri
Pras: Nah ya udah kalau tiga juta NJOP besok dihitung ya yah
Taufik: karena besok kan dipanggil BPN dipanggil DJP Perpajangan. Yah
Pras: ya udah kalau suruh tiga juta ya kita bikin tiga juta nih lo ngomong ya Toke
Taufik: Siap
diberikan kepada Aguan
Aguan: Fix
Taufik: Siap
Aguan: Fix
Taufik: Siap siap
Aguan: Kalau tiga juta itu
Aguan: kalau kotor bersihnya udah sepuluh juta lah
Taufik: tiga juta jadi tiga juta?
Aguan: tiga juta base. Kalau tidak juga
Taufik: ha-ah, ha
Aguan: kalau tiga juta itu bersihnya kalau bersihnya itu udah 10 juta ke atas lah
Taufik:he-eh he-eh he-eh
Aguan: karena tiga juta kan kotor itu gross
Taufik: iya ya ya
Aguan: gitu loh cara hitungannya gimana kalau karena ini boleh pakai kan cuma 30 persen lebih
Taufik: he-eh heeh heeh
Aguan: Betul gak? kalau tiga juta kalau itu udah 10 juta belum jalan belum apa secara umum … betul gak
Taufik: he-eh he-eh
Aguan: heeh itu
Taufik: siap siap
Aguan: ya titip baek
Taufik: iya iya pak ya ya
Aguan: yak makasih ayo ayo makasih

Saat Jaksa meminta konfirmasi soal rekaman tersebut, Taufik membantah adanya pembahasan soal NJOP.

“Tidak ada pembahasan tentang NJOP, kita hanya membahas Raperda zonasi dan tata ruang, tidak sampai sedetail NJOP,” kata Taufik.

Sedangkan Prasetyo memberikan alasan bahwa pembicaraan tersebut hanyalah konsultasi dirinya dengan Aguan terkait tata ruang pulau reklamasi saja.

“Saya saat itu sedang berkonsultasi soal tata ruang pulau reklamasi dengan beliau (Aguan), agar saya punya pegangan,” jelas Prasetyo.

“Kenapa berkonsultasi dengan pengusaha yang punya kepentingan dengan reklamasi? Kenapa tidak berkonsultasi dengan ahli?” tanya Jaksa.

Prasetyo tidak bisa menjawabnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Adnan Pandu Praja Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Kasus Suap

Adnan Pandu Praja Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Kasus Suap

Jakarta – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Adnan Pandu Praja dilaporkan ke Direktorat Tipikor ...