Home > Teknologi > Korea Selatan Akan Denda Besar Qualcomm

Korea Selatan Akan Denda Besar Qualcomm

Seoul – Raksasa chip perangkat mobile, Qualcomm, dikabarkan tengah diusut oleh Fair Trade Commission di Korea Selatan terkait praktik lisensi paten mereka. Berdasarkan apa yang diamati oleh FTC di Korea Selatan, praktik tersebut melanggar peraturan yang ada. Bisa jadi, akibat dari pengusutan tersebut, Qualcomm harus membayar denda yang besar, hingga KRW 1 triliun, atau sekitar USD 900 juta.

Korea Selatan Akan Denda Besar Qualcomm

Menurut laporan Wired, Senin (18/7/2016), FTC di Korea Selatan menganggap apa yang dilakukan oleh Qualcomm terkait lisensi paten berdampak tidak baik pada persaingan usaha di negara tersebut. Qualcomm disebut memberlakukan biaya lisensi sesuai dengan harga jual perangkat, yang berimbas pada tingginya biaya lisensi yang harus dibayar per perangkat. Berdasarkan FTC, Qualcomm disebut mendapatkan setidaknya USD 1.27 miliar dari biaya lisensi tersebut dari produsen asal Korea Selatan, LG dan Samsung.

Qualcomm disebut seharusnya mematok biaya lisensi tetap per chip yang mereka kapalkan, bukan berdasarkan harga jual perangkat jadi dengan chip tersebut. Namun, Qualcomm berpendapat bahwa mereka layak melakukan hal tersebut karena teknologi yang digunakan di smartphone dari paten mereka menjadi pendorong perangkat bisa dijual dengan harga tinggi. Penyidikan terhadap potensi denda untuk Qualcomm ini sendiri diharapkan bisa menghasilkan keputusan akhir dalam tahun 2016 ini.
(Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Fadli Zon Punya Cara Khusus Pantau Aktifitas Twitter Miliknya

Fadli Zon Punya Cara Khusus Pantau Aktifitas Twitter Miliknya

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memang terkenal aktif menggunakan media sosial Twitter ...