Home > Teknologi > ARM Ingin Coba Pasar Supercomputer

ARM Ingin Coba Pasar Supercomputer

Cambridge – Arsitektur prosesor dari ARM sejauh ini sudah meraih kesuksesan di dunia perangkat mobile. Sebagian besar smartphone yang beredar saat ini dilengkapi dengan SoC berprosesor dengan arsitektur perusahaan asal Inggris ini. Namun, di luar perangkat mobile, ARM masih belum bisa dianggap berhasil. Menurut laporan PC World, Minggu (17/7/2016), mereka kini mencoba untuk menaruh fokus lebih di “dunia baru”, yaitu supercomputer.

ARM Ingin Coba Pasar Supercomputer

ARM disebut akan memperluas arsitektur mereka saat ini, ARMv8-A, agar lebih sesuai untuk digunakan di lingkungan high-performance computing. Mereka akan menyebut perluasan arsitektur tersebut dengan nama ARMv8-A Next Generation Vector Architecture for HPC”. Detail arsitektur ini disebut baru akan diperkenalkan bulan depan.

Kebutuhan akan supercomputer memang meningkat karena tren komputasi yang ada belakangan ini. Sementara, tren komputasi yang ada juga bergerak ke jumlah core banyak dengan kemampuan proses tinggi untuk machine learning. Bisa jadi, ARM melihat tren ini akan sesuai dengan arsitektur yang mereka miliki, sehingga dengan pengembangan yang tepat, arsitektur itu bisa digunakan di supercomputer.

Saat ini, supercomputer lebih banyak didominasi oleh prosesor dengan arsitektur x86. PC sendiri juga telah didominasi oleh x86 sejak lama. ARM yang sudah tidak lagi fokus di arsitektur untuk PC tampaknya melihat peluang lebih besar di dunia supercomputer, setidaknya untuk menganggu dominasi x86 di pasar tersebut.(Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

KPU DKI Harus Awasi Secara Ketat Pendataan DPT Pilgub Putaran Dua

KH Cholil Nur Berharap Putaran Kedua Pilgub DKI Aman dan Damai

Jakarta – Pilkada putaran kedua DKI Jakarta akan digelar kembali pada 19 April 2017 diharapkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis