Home > Teknologi > Microsoft Akan Sederhanakan Konfigurasi Multi VGA di DirectX 12

Microsoft Akan Sederhanakan Konfigurasi Multi VGA di DirectX 12

Washington – Demo game berbasis DirectX 12 terbaru yang dilakukan raksasa software, Microsoft, menjadi buah bibir dari beberapa kalangan. Di samping karena dapat membuat peningkatan Draw Call yang cukup signifikan, platform ini juga dapat mengkombinasikan konfigurasi multi platform VGA. Contohnya seperti memungkinkan konfigurasi GTX 1080 dan RX 480 dalam satu sistem untuk menghasilkan performa maksimal dalam gaming. Tetapi kenyataannya, banyak game DirectX 12 saat ini tidak mendukung konfigurasi tersebut.

Microsoft Akan Sederhanakan Konfigurasi Multi VGA di DirectX 12

Satu-satunya game yang pernah menggunakan multi GPU adalah Ashes of Singularity, yang mana game ini telah melewati proses coding yang sedemikian rumit dan waktu kerja keras yang bisa dibilang tidak sedikit untuk menghasilkan konfigurasi multi GPU tersebut. Sepertinya saat ini ,developer merasa hal tersebut terlalu berat untuk diimplementasikan ke pengembangan semua game DirectX 12. Mereka berpikir semua pengguna rata-rata hanya menggunakan single GPU.

Melihat fenemona ini Microsoft, akhirnya memutuskan membuat abstraction layer atau penyederhanaan untuk menolong developer dapat mencapai basic konfigurasi Multi VGA Support sehingga para developer dapat dengan mudah mengimplementasikan versi mereka sendiri, namun dengan cara yang jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Menurut lansiran Digital Trends, Rabu (20/7/2016), abstraction layer yang dijanjikan Microsoft ini memang masih belum terdengar kapan akan dirilis. Tetapi Microsoft berjanji akan segera merilisnya untuk publik.

Dengan adanya konfigurasi ini tentunya diharapkan pengguna bisa banyak diuntungkan. Mereka dapat mengambil dua konfigurasi dan dua fitur dari dua kartu grafis berbeda yang biasanya tidak akan ditemukan dalam satu sistem. Pastinya konfigurasi ini juga memerlukan dukungan dari pemegang merk GPU itu sendiri, karena tanpa peran mereka fitur multi GPU dari DirectX 12 ini pasti akan sia-sia. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Jakarta – Sebuah akun di media sosial Facebook telah mengunggah dan menyebarkan beberapa foto yang ...