Home > Ragam Berita > Nasional > Indonesia Diputuskan Bersalah Dalam Kasus 1965

Indonesia Diputuskan Bersalah Dalam Kasus 1965

Jakarta – Indonesia memiliki masa lalu kelam. Yakni, pembantaian massal pada tahun 1965-1966. Nah, kasus tersebut kini masih diselidiki dunia internasional. Beberapa waktu lalu, Pengadilan Rakyat Internasional (IPT) di Den Haag, Belanda, mengeluarkan putusan. Isinya, pemerintah Indonesia bersalah dalam pembunuhan massal 1965.

Indonesia Diputuskan Bersalah Dalam Kasus 1965

Karena itu, IPT meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk meminta maaf kepada seluruh keluarga korban. Tindakan itu sebagai bentuk simpati atas ribuan korban tewas dalam aksi kekerasan berdarah terhadap anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Indonesia menghormati putusan yang dikeluarkan IPT. Indonesia memandang kegiatan yang dilakukan IPT adalah sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan berpendapat.

Kendati demikian, menurut Indonesia, putusan tersebut tidak mengikat Pemerintah Indonesia.

”Kelompok IPT 65 dan kegiatan yang dilakukannya tidak memiliki mandat hukum legitimate dan berada di luar mekanisme hukum yang sah maupun proses nasional yang telah dan sedang berlangsung,” ujar Juru Bicara Kementrian Luar Negeri (Kemlu), Armanatha Nasir, Rabu (20/7/2016).

Pemerintah juga menegaskan Indonesia sebagai negara demokrasi memiliki komitmen tinggi dalam memajukan dan melindungi HAM dan proses demokrasi.

Karena itu, masalah pembantaian massal ini harus diselesaikan dari berbagai aspek dan tidak bisa diputuskan secara sepihak. Masalah HAM menuntut pendekatan komprehensif dan inklusif dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Menpan-RB Siapkan Sanksi Untuk PNS Yang Terlibat HTI

Menpan-RB Siapkan Sanksi Untuk PNS Yang Terlibat HTI

Jakarta – Pegawai negeri sipil yang kedapatan tergabung dalam organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) bisa ...