Home > Ragam Berita > Nasional > Tak Perlu Calo, Mengurus Surat Tilang Mudah Kok

Tak Perlu Calo, Mengurus Surat Tilang Mudah Kok

Jakarta – Masyarakat pada umumnya akan menganggap mengurus surat tilang itu susah dan memakan waktu lama, belum lagi harus antri panjang. Karena itu biasanya mereka akan lebih memilih “damai” dengan petugas polisi yang menilang.

Tak Perlu Calo, Mengurus Surat Tilang Mudah Kok

Namun sebenarnya mengurus surat tilang di pengadilan itu tidaklah serumit dari yang diperkirakan, serta prosesnya lumayan cepat bila kita sudah mengetahui prosedurnya dengan baik.

Menurut pengalaman, jadwal persidangan untuk surat tilang biasanya dimulai pada pukul 08.00 WIB, karena itu sebaiknya datanglah lebih awal sebelum jam mulai sidang karena biasanya antrian akan panjang kalau Anda tidak datang lebih awal.

Setelah sampai di pengadilan, ambillah nomor antrian yang ada di depan salah kamar pengadilan. Untuk hal ini di setiap wilayah akan berbeda. Bagi wilayah Jakarta Pusat, nomor antrian dapat diambil di Lantai 1 Pengadilan Negeri Bungur.

Setelah mengambil nomor antrian, tunggulah sampai nomor Anda di panggil. Biasanya untuk mempercepat waktu, pihak pengadialn akan memanggil nomor 1-100 untuk mengantri.

Biasanya tidak sampai satu jam, berkas yang disita pada saat ditilang sudah dapat diambil kembali di loket dua. Petugas di sana akan membacakan pelanggaran dan besaran sanksi denda yang harus dibayarkan. Setelah itu kita tinggal membayarnya, dan selesai sudah prosesnya.

Mudah kan?
(Samsul Arifin)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...