Home > Ragam Berita > Nasional > Kemenag Kabupaten Karawang Ditenggarai Terlibat Praktik Mafia Haji

Kemenag Kabupaten Karawang Ditenggarai Terlibat Praktik Mafia Haji

Karawang – Kementerian (Kemenag) di Kabupaten Karawang disinyalir menjadi tempat praktek mafia haji karena banyaknya calon jemaah haji yang telah membayar lunas namun namanya tidak juga masuk dalam daftar jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi.

Kemenag Kabupaten Karawang Ditenggarai Terlibat Praktik Mafia Haji

Beberapa oknum di Kemenag Kabupaten ditengarahi bekerja sama dengan beberapa KBIH yang ‘nakal’ agar calon jemaah haji mau membayar lebih banyak supaya dirinya segera diberangkatkan.

Hal ini dialami oleh Rosi Rosmiawati (34), warga Desa Batujaya, Kecamatan Batujaya, dimana kedua orang tuanya, yakni Naid (87) dan Mami (87), yang telah melunasi biaya haji sejak 2013 lalu secara bersamaan justru hanya ibunya yang berangkat.

“Tapi yang berangkat hanya ibu saya sedangkan nama ayah saya tidak tercantum sama sekali padahal usianya sudah sepuh,” kata Rosi saat ditemui di depan Gedung Kemenag, Jalan Husni Hamid, Kabupaten Karawang, Kamis (21/7/2016).

Parahnya lagi, orang tuanya sempat dirayu agar mau membayar biaya tambahan supaya dapat diberangkatkan haji bersama-sama.

“Masa harus bayar lagi padahal semua sudah dibayar lunas. Ini pasti ada permaianan dengan pihak KBIH karena (permintaan) itu disampaikan oleh pihak KBIH,” katanya.

‬ “Kami dirayu pihak KBIH supaya nama bapak keluar tetapi kami malah diminta uang lagi, padahal bukti pembayaran lunas sudah ada,” tambahnya.‬

Terkait hal ini, Kepala Kemenag Karawang Sopian membantah bila telah terjadi praktek mafia haji di kantornya karena keputusan keberangkatan jemaah haji telah ditetapkan dari pusat.

“Bagaimana ada mafia kalau kami sendiri tidak bisa memutuskan siapa yang akan berangkat,” kata Sopian.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Nahas, Pemuda Ini Diserang Kawanan Geng Motor di Jakarta Timur

Nahas, Pemuda Ini Diserang Kawanan Geng Motor di Jakarta Timur

Jakarta – Seorang pemuda dibacok gerombolan geng motor di kawasan Mustika, Kampung Makasar, Jakarta Timur, ...