Home > Teknologi > Sains > Wow, Dua Planet Ini Ditetapkan Layak Huni

Wow, Dua Planet Ini Ditetapkan Layak Huni

Washington – Penemuan yang dinilai luar biasa datang dari astronomi. Kabarnya, para peneliti telah mendapatkan dua planet yang bisa ditempati manusia. Letaknya berada di konstelasi Aquarius. Para peneliti pun menduga atmosfer di sana sangat mendukung kehidupan.

Wow, Dua Planet Ini Ditetapkan Layak Huni

Para astronom menyimpulkan bahwa planet itu tidak memiliki sesuatu yang dapat membahayakan seperti pada kebanyakan planet gas lainnya.

Kedua planet tersebut dinamakan TRAPPIST-1b dan TRAPPIST-1c serta diketahui memiliki jarak yang cukup jauh dari Bumi, sekira 40 tahun cahaya. Mereka mengorbit di sebuah planet kerdil berwarna merah dan kemungkinan untuk bisa dihuni oleh manusia.

Planet seukuran Bumi tersebut juga menjadi yang pertama muncul dalam survei lebih dari 1.000 bintang yang dekat dengan planet kerdil merah.

”Planet-planet tersebut adalah yang pertama kalinya dipelajari oleh astronom secara detail dengan teleskop untuk menentukan apakah mereka layak untuk kehidupan,” ungkap salah seorang dari MIT bernama Julien de Wit.

Pada 4 Mei 2016, TRAPPIST-1b dan TRAPPIST-1c melintas di depan mataharinya, masing-masing beberapa menit, yang memungkinkan astronom untuk mengetahui bagaimana cahaya bintang melewati atmosfer mereka.

Tim menyimpulkan bahwa kedua planet tersebut tidak memiliki jumlah helium dan hidrogen yang terlalu banyak. Ini berarti planet itu dikatakan aman untuk ditinggali sebagaimana diberitakan Popsci pada Minggu (24/7/2016).

Investigasi selanjutnya mengenai kedua planet akan berkaitan dengan molekul yang penting bagi kehidupan seperti karbondioksida, uap air dan mengukur suhu dan tekanan yang ada di permukaan atmosfer. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Sinar Kosmik Jadi Masalah Utama Dalam Perjalanan ke Mars

Jakarta – Melakukan perjalan ke luar angkasa mungkin bukan sesuatu yang mudah dilakukan. Tak hanya ...