Home > Ragam Berita > Internasional > PBNU Ingin Indonesia Menjadi Pelopor Perdamaian Dunia

PBNU Ingin Indonesia Menjadi Pelopor Perdamaian Dunia

Jakarta – Kekuatan dari ulama-ulama Internasional tengah digalang oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menanggulangi terorisme. Hal tersebut dilakukan karena ancaman terorisme, khususnya ISIS, telah benar-benar terjadi dengan serangkaian aksi terorisme di bulansuci Ramadhan dan Idul Fitri.

PBNU Ingin Indonesia Menjadi Pelopor Perdamaian Dunia

“Pemikiran radikalisme dengna mengkafirkan orang lain bahkan sampai menghilangkan nyawa manusia lainya tidak bisa diterima dalam Islam. Oleh karena itu, Mei lalu, kami menggelar Forum International Summit of Moderate Islamic Leaders (ISOMIL). Kami ingin Indonesia menjadi penggerak sekaligus pelopor bagi perdamaian di dunia,” ujar Sekjen PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini kepada awak media di Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Pernyataan tersebut sekaligus menanggapi adanya video ancaman dari ISIS di dunia maya untuk menyerang negara-negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Ancaman ini jelas tidak main-main, apalagi faktanya di ASEAN banyak pengikut dan simpatisan ISIS.

Helmy pun menyatakan jika pihaknya akan terus menggalang kekuatan, terutama dengan negara-negara yang hadir di ISOMIL kemarin antara lain Sudan, Libia, Aljazair, India, Rusia, Maroko, Thailand, Inggris, Senegal, Lithuania, Spanyol, Yunani, Korea Selatan, Yordan, Pakistan, Malaysia, Tunisia, Saudi Arabia, dan lain-lain. Kekuatan bersama dalam menciptakan perdamaian dan menangkal setiap aksi terorisme, diharapkan bisa efektif menangkal ancaman-ancaman tersebut.

“Islam Nusantara bukanlah agama baru, namun sejatinya Islam Nusantara telah ada di Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Ambil contoh, di Indonesia ada Candi Borobudur sebagai simbol keagamaan orang Budha, namun tidak pernah menjadi masalah di tengah umat muslim yang mayoritas, beda halnnya dengan negara lain. Dengan adannya acara ISOMIL tersebut secara tidak langsung kita ingin mengimpor pemikiran dan cara keberagamaan orang Indonesia ke luar sehingga bisa menjadi rule model bagi negara-negara lain dalam mengaplikasikan keberagamaannya,” papar Helmy. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tiga Pembakar Masjid Akhirnya Dipenjara Seumur Hidup

Tiga Pembakar Masjid Akhirnya Dipenjara Seumur Hidup

Melbourne – Penjara seumur hidup akhirnya menjadi putusan kepolisian Australia kepada tiga orang pria yang ...