Home > Olahraga > Balap > Masa Depan Rio Haryanto di F1 Akan Diputuskan Rabu Ini

Masa Depan Rio Haryanto di F1 Akan Diputuskan Rabu Ini

Jakarta – Masa depan pebalap Formula 1 (F1), Rio Haryanto sedang tidak jelas. Nasibnya di ajang jet darat akan ditentukan pada hari Rabu (27/7/2016) pekan ini.

Masa Depan Rio Haryanto di F1 Akan Diputuskan Rabu Ini

Sebagai seorang pay driver di tim Manor, Rio wajib menyerahkan sejumlah uang agar bisa mengikuti balapan. Di awal musim, ia diminta membayar uang mencapai 15 juta euro atau sekitar Rp 215 miliar.

Sebagai bentuk komitmen serta dukungan bagi Rio, pihak Pertamina bersedia menanggung sebanyak lima juta euro dari dana yang dibutuhkan oleh pebalap asal Solo tersebut. Total dana yang sudah dibayarkan Rio berjumlah 8 juta euro, dengan 3 juta euro lainnya datang dari Kiky Sport.

11 seri F1 pun telah berlalu, kini Rio menghadapi esulitan untuk melakukan pembayaran sisa dana yang harus disetor. Kabar bahwa pebalap 23 tahun itu akan digantikan oleh pebalap lain sudah berembus dalam beberapa pekan terakhir.

Terkait nasib Rio tersebut, Pertamina selaku sponsor sudah mengirimkan surat resmi. Mereka akan segera mendapatkan jawaban.

“Kami dari pihak Pertamina sudah mengirim surat secara resmi ke Manor, agar bisa diberi konfirmasi secara resmi apakah Rio bisa dipertahankan sampai akhir musim. Sebab, dari sisi prestasi sudah cukup baik dan potensial,” kata VP Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, kepada pewarta, Minggu (24/7/2016) malam di Jakarta.

“Pertamina juga ada di belakang Rio, kami tak pernah miss pembayaran. Kami masih menunggu termin pembayaran terakhir sebesar 250 ribu euro,” imbuhnya.

Wianda juga mengungkapkan bahwa pihak Manor sudah memberi tanggapan positif atas pertanyaan mengenai kelanjutan karier Rio di musim ini. Mereka pun cukup optimistis Rio akan tampil sampai seri terakhir.

“Manor akan menjawab surat secara resmi di hari Rabu, sebelum balapan di Jerman. Itu yang saat ini masih kami tunggu,” kata Wianda.

“Sinyal dengan Manor sangat sangat positif. Mereka butuh waktu sampai Rabu,” tambahnya.

Wianda melanjutan, ia berharap agar ada dari pihak lain yang mau memberikan dukungan dana untuk Rio.

“Kami berharap semua pihak bisa membantu, Rio bukan cuma milik bangsa Indonesia bukan cuma Pertamina,” harapnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Jorge Lorenzo Optimistis Bakal Naik Podium di Seri Malaysia

Jorge Lorenzo Optimistis Bakal Naik Podium di Seri Malaysia

Motegi – Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, memang belum mampu menunjukkan penampilan menterengnya musim ...