Home > Ragam Berita > Nasional > DPR Akhirnya Setujui Perppu Kebiri Jadi Undang-Undang

DPR Akhirnya Setujui Perppu Kebiri Jadi Undang-Undang

Jakarta – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak yang salah satunya pasalnya mengatur tentang hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak, akhirnya disetujui oleh Komisi VIII DPR agar dijadikan Undang-Undang dalam Rapat Paripurna DPR.

DPR Akhirnya Setujui Perppu Kebiri Jadi Undang-Undang

Menurut Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher, ada beberapa pasal dalam Perppu Kebiri yang harus diperhatikan oleh pemerintah, salah satunya adalah mengenai eksekutor dari hukumannya karena Ikatan Dokter Indonesia telah menolak untuk menjadi eksekutor kebiri.

“Kami hargai dari sisi profesinya. Tapi negara juga harus memiliki kepastian dari penerapan UU itu karena harus ada eksekutor yang menjalankannya,” ujar Ali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Faktor lain yang harus diperhatikaan oleh pemerintah menurut Ali adalah terkait rehabilitasi dan pengungkapan identitas pelaku.

“Kami berharap rapat koordinasi antara pemerintah, dalam hal ini Menteri PPPA, Mensos, Menkes, dan Menkumham akan segera membicarakan aspek-aspek turunan dari UU yang diputuskan itu,” kata politisi Partai Amanat Nasional ini.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Sandiaga Uno Tegaskan Ada Beberapa Restoran yang Belum Bayar Pajak

Rekan Bisnis Telah Ditetapkan Menjadi Tersangka, Sandiaga Uno Masih Berstatus Saksi

Jakarta – Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan rekan bisnis Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga ...