Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri-Menteri Ini Dipanggil Presiden Jokowi Jelang Reshuffle Kabinet Jilid 2

Menteri-Menteri Ini Dipanggil Presiden Jokowi Jelang Reshuffle Kabinet Jilid 2

Jakarta – Reshuffle Kabinet jilid 2 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin santer terdengar sejak Presiden melarang para menterinya untuk meninggalkan Jakarta pada 26-29 Juli 2016.

Menteri-Menteri Ini Dipanggil Presiden Jokowi Jelang Reshuffle Kabinet Jilid 2

Persiapan Presiden Jokowi untuk melakukan Reshuffle Kabinet sudah mulai terasa sejak dua minggu ini dengan memanggil beberapa menterinya untuk menghadap guna melakukan evaluasi kinerja.

Pada Rabu (13/7/2016), ada empat menteri yang dipanggil menghadap oleh Presiden Jokowi. Mereka adalah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan, dan Menko Perekonomian Darmin Nasution masuk ke kompleks Istana Kepresidenan.

Lalu pada Kamis (14/7/2016), Presiden Jokowi juga memanggil beberapa menteri untuk menghadap ke Istana. Nampak hadir Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso (Buwas), Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Sutiyoso, Menteri Kesehatan Nila F Moelok, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Yohana Susana Yembise.

Pada Jumat (22/7/2016), Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga juga ikut dipanggil oleh Presiden. Puspayoga menjelaskan bahwa kehadirannya untuk menjelaskan kepada Presiden terkait perkembangan kinerja kementerian yang dipimpinnya.

“Evaluasi bagaimana kementerian sekarang, Kementerian Koperasi dan UKM sebagai penyalur KUR, peningkatan kualitas koperasi. Seperti langkah-langkah kita itu diapresiasi sama Presiden. Jadi langkah rehabilitasi, reorientasi, dari kualitas ke kualitas, pengembangan koperasi,” kata Puspayoga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Puncaknya pada Selasa (26/7/2016) malam kemaren dimana Presiden Jokowi tiba-tiba memanggil beberapa menteri untuk menghadapnya di Istana.

Ada tujuh menteri yang datang pada Selasa malam dan langsung ditemui oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ketujuh menteri itu adalah Mendikbud Anies Baswedan, Menteri ESDM Sudirman Said, MenPAN RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil, dan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut bocoran informasi, pengumuman Reshuffle Kabinet jilid 2 akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi siang ini, Rabu (27/7/2016). Namun hingga pagi ini belum ada pernyataan resmi dari Istana.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...