Home > Gaya Hidup > Tips > Ini Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Pamer Foto Anak di Medsos

Ini Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Pamer Foto Anak di Medsos

Jakarta – Bagi Anda yang sering mengunggah foto anak di media sosial, sepertinya harus lebih berhati-hati. Biasanya, para orang tua terlalu mengumbar update soal buah hatinya secara ekstensif.

Ini Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Pamer Foto Anak di Medsos

Di jejaring sosial, banyak dijumpai orang tua yang gemar mengabadikan setiap momen si kecil, meliputi segala detailnya. Misalnya, momen kelahiran, makan pertama, bermain, jalan-jalan, tidur, hingga sekolah

Tanpa Anda sadari, hal tersebut dapat memancing niat jahat kelompok tertentu. Anak-anak pun jadi berisiko terjerat aksi predator pedofilia, perundungan (bullying), perampokan, penculikan, pencurian identitas, dan lain-lain.

Agar anak-anak Anda aman dan terhindar dari potensi terluka, Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganjurkan agar para orang tua lebih berhati-hati dalam mengunggah foto anaknya. Khususnya, pada momen-momen seperti hari pertama masuk sekolah.

Hasil pantauan Harian Indo, Selasa (26/7/2016), melalui informasi edarannya, Kemendikbud menekankan beberapa hal yang perlu diperhatikan para orang tua sebelum memutuskan untuk memamerkan foto anak di medsos.Pertama, jangan memasang foto anak beserta dengan identitas lengkap.

Jangan sekali-sekali mengumbar identitas anak, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon, dan sebagainya di medsos. Hal tersebut akan memudahkan orang jahat untuk melacak keberadaan si buah hati.

Yang Kedua, berhati-hatilah dengan fitur di medsos. Pastikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi dinonaktifkan saat mengunggah foto anak. Ketiga, sebaiknya batasi daya akses atau privasi foto anak sebatas pada anggota keluarga atau lingkungan yang bisa dipercaya.

Keempat, janganlah sekali-sekali memasang foto anak dengan tampilan yang memungkinkan dia menerima pelecehan, penghinaan, dan perundungan. Kelima, pikirkanlah sudut pandang anak. Belum tentu semua anak senang fotonya dipamerkan di medsos oleh orang tuanya.

Keenam, janganlah memasang foto anak lain tanpa seizin orang tuanya. Ketujuh, informasikan dan ajaklah keluarga dan teman untuk berhati-hati dan lebih bijak saat memasang foto buah hatinya di internet. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...