Home > Ragam Berita > Nasional > Kebijakan Plat Nomor Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diterapkan Hari Ini

Kebijakan Plat Nomor Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diterapkan Hari Ini

Jakarta – Guna mengurai dan mengurangi kemacetan di jalan-jalan protokol DKI Jakarta, kebijakan pembagian kendaraan berdasarkan plat nomor ganjil dan genap akan mulai diberlakukan pada hari ini, Rabu (27/7/2016).

Kebijakan Plat Nomor Ganjil Genap di Jakarta Mulai Diterapkan Hari Ini

Dalam satu bulan ke depan masih akan dilakukan uji coba pelaksanaan dan sosialisasi sehingga kendaraan yang melanggar masih diberi peringatan saja.

Pengawasannya sendiri akan dilakukan di beberapa titik persimpangan dimana ada sembilan titik persimpangan yang akan menjadi fokus dalam pelaksanaan aturan plat nomor ganjil dan genap ini. Kesembilan persimpangan itu ialah persimpangan Bundaran Patung Kuda, Bank Indonesia, Sarinah, Bundaran HI, Bundaran Senayan, CSW, Persimpangan Kuningan sisi Mampang Prapatan, Persimpangan Kuningan sisi Gatot Subroto, dan Persimpangan HOS Tjokroaminoto.

Guna memperlancar proses pengawasan dan sosialisasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengerahkan sejumlah personilnya dalam membantu polisi di lapangan nanti.

“Untuk pagi aja ada 60 dari Dishub, 30 Satpol. Nanti siang ganti lagi,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah, di Balai Kota, Selasa (26/7/2016).

Kebijakan plat nomor ganji genap ini dilakukan berdasarkan tanggal pada hari itu. Bila tanggalnya genap maka yang diperbolehkan untuk melintas adalah kendaraan dengan dengan angka terakhirnya genap, begitu pula bila tanggalnya ganjil.

Kebijakan baru dari Pemprov DKI Jakarta ini hanya diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Thamrin, Sudirman, Sisingamangaraja, dan sebagian Jalan Gatot Subroto (simpang Kuningan sampai Gerbang Pemuda) dari Senin sampai Jumat, tepatnya pada pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Aturan ini tidak berlaku pada hari Sabtu-Minggu serta hari libur.

Peraturan ini juga tidak berlaku bagi beberapa kendaraan tertentu, seperti mobil dinas Presiden RI, Wakil Presiden RI, pejabat lembaga tinggi negara dengan pelat RI beserta kendaraan pengawalnya.

Begitu juga untuk kendaraan dinas instansi pemerintah, mobil pemadam kebakaran, mobil ambulans, mobil angkutan umum (pelat kuning), angkutan barang dan sepeda motor.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Upaya Banding Perkara Ahok Tak Kunjung Dicabut Oleh Pihak Kejaksaan Agung

Upaya Banding Perkara Ahok Tak Kunjung Dicabut Oleh Pihak Kejaksaan Agung

Jakarta – Baru-baru ini, diketahui bahwa pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) masih enggan mencabut upaya banding ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis