Home > Ragam Berita > Nasional > Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

Jakarta – Penduduk di Indonesia sekarang ini semakin banyak. Apalagi adanya urbanisasi ke sejumlah kota-kota besar membuat sekitar 70% penduduk Indonesia yang memenuhi daerah-daerah perkotaan. Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyatakan bahwa metode pelarangan urbanisasi sudah tidak efektif lagi dalam mengatasi kepadatan penduduk di sejumlah kota-kota besar.

Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

“Makanya pelarangan arus urbanisasi itu sudah tidak efektif lagi,” kata Kalla saat membuka Prepatory Committe (Prepcom) 3 United Nations Habitat di Surabaya pada Senin, (25/7/2016).

Tingkat kepadatan tersebut jauh melebihi daripada 50 tahun silam. Pasalnya, 50 tahun yang lalu masyarakat yang tinggal diperkotaan hanya sekitar 40% saja. Jusuf Kalla mengimbau agar bisa mencontoh negeri China dalam mengatasi masalah tersebut. China memang negeri yang berpenduduk sangat banyak, namun bisa mengatasi masalah tersebut.

“China (Tiongkok) itu bagus, mereka itu jumlah penduduknya besar, tapi bisa menjadikannya sebagai sebuah modal yang positif, dan hasilnya bisa membawa perubahan positif,” ujarnya.

“Karena kalau tidak, masalahnya akan semakin menumpuk. Apalagi ini juga berkaitan dengan ketersediaan bahan makanan yang harus dicermati, karena lahan pertanian semakin sempit, tapi jumlah penduduk semakin banyak,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pihak Kepolisian Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Polda Jawa Timur Cegah Ahmad Dhani Pergi Ke Luar Negeri

Jakarta – Baru-baru ini, pihak Kepolisian mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri kepada pihak ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135