Home > Ragam Berita > Nasional > Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

Jakarta – Penduduk di Indonesia sekarang ini semakin banyak. Apalagi adanya urbanisasi ke sejumlah kota-kota besar membuat sekitar 70% penduduk Indonesia yang memenuhi daerah-daerah perkotaan. Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyatakan bahwa metode pelarangan urbanisasi sudah tidak efektif lagi dalam mengatasi kepadatan penduduk di sejumlah kota-kota besar.

Atasi Masalah Kependudukan, Indonesia Tiru Langkah Pemerintah Tiongkok

“Makanya pelarangan arus urbanisasi itu sudah tidak efektif lagi,” kata Kalla saat membuka Prepatory Committe (Prepcom) 3 United Nations Habitat di Surabaya pada Senin, (25/7/2016).

Tingkat kepadatan tersebut jauh melebihi daripada 50 tahun silam. Pasalnya, 50 tahun yang lalu masyarakat yang tinggal diperkotaan hanya sekitar 40% saja. Jusuf Kalla mengimbau agar bisa mencontoh negeri China dalam mengatasi masalah tersebut. China memang negeri yang berpenduduk sangat banyak, namun bisa mengatasi masalah tersebut.

“China (Tiongkok) itu bagus, mereka itu jumlah penduduknya besar, tapi bisa menjadikannya sebagai sebuah modal yang positif, dan hasilnya bisa membawa perubahan positif,” ujarnya.

“Karena kalau tidak, masalahnya akan semakin menumpuk. Apalagi ini juga berkaitan dengan ketersediaan bahan makanan yang harus dicermati, karena lahan pertanian semakin sempit, tapi jumlah penduduk semakin banyak,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Berhasil Identifikasi Jenis Bom Kampung Melayu

Polisi Berhasil Identifikasi Jenis Bom Kampung Melayu

Jakarta – Pelaku teror bom Kampung Melayu, Ichwan Nurul Salam dan Ahmad Syukri dalam melakukan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis