Home > Ragam Berita > Nasional > Bagi Gerindra, Asal Bukan Ahok Akan Didukung

Bagi Gerindra, Asal Bukan Ahok Akan Didukung

Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah menetapkan Sandiaga Uno sebagai calon gubernur dari Partai Gerindra. Kini tinggal bagaimana mengenalkan Sandiaga Uno ke partai-partai lain untuk koalisi dalam Pilkada DKI 2017 mendatang karena jumlah kursi Partai Gerindra tidak cukup untuk maju sendiri.

Bagi Gerindra, Asal Bukan Ahok Akan Didukung

Bagi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, kemungkinan untuk tidak bisa mengusung Sandiaga Uno sebagai cagub DKI juga telah dipikirkan oleh Partai Gerindra karena kursi Gerindra di DPRD DKI tak mencukupi batas minimal. Syarat minimalnya adalah 22 kursi, sementara Gerindra hanya punya 15 kursi di DPRD DKI.

“Bagi kami, kemungkinan tak mengusung Sandi (panggilan akrab Sandiaga) bisa juga terjadi. Tapi bagi kami target utamanya Gubernur Jakarta bukan Ahok,” kata Desmond Junaidi Mahesa, Sabtu (30/7/2016).

Karena tidak mencukupi atas minimal maka Gerindra akan menawarkan Sandiaga Uno ke partai-partai lain untuk mendapatkan mitra koalisi.

“Kalau tidak ada yang mau bergandengan dengan Sandiaga Uno, karena kursi kami kurang di DPRD DKI, kami mengikhlaskan untuk tidak mencalonkan Sandiaga Uno bila tidak ada wakil dari partai lain yang mendukung. Kami akan mendukung siapapun, asal bukan Ahok,” kata Desmond.

Menurut Desmond, Gerindra mempunyai tekad kuat untuk melawan Ahok karena Ahok dinilai melakukan korupsi dalam perkara pembelian lahan Sumber Waras meskipun kemudian KPK menyatakan tidak ada kerugian negara dalam kasus tersebut.

“Dulu Pak Prabowo bilang tak ingin apa-apa dari Ahok kecuali satu, Ahok jangan korupsi. Dalam kasus Sumber Waras, kami yakin Ahok korupsi. Artinya, Ahok melanggar sumpah. Maka Gerindra perang terbuka terhadap Ahok,” ujar Desmond.

Dan satu lagi yang membuat Gerindra ‘sakit hati’ kepada Ahok karena Ahok memutuskan keluar dari Gerindra padahal dirinya telah dibesarkan oleh Gerindra hingga menjadi pasangan Jokowi pada Pilgub DKI periode lalu.

“Sudah kita modalin habis-habisan,” kata Desmond.

Gerindra juga menyadari soal ketidakcukupan kursi di DPRD DKI tanpa melakukan koalisi. Karena itu, Gerindra akan menerima siapa saja calon yang diajukan oleh partai lain yang mempunyai tingkat elektabilitas lebih tinggi dari Sandiaga Uno, maka Gerindra rela Sandiaga Uno ditempatkan sebagai wakil gubernur.

“Kita juga tahu diri karena secara treshold kami tidak cukup. Kesadaran itulah yang membuat kami, yah Sandi harapan kami jadi gubernur, calon partai lain menjadi wakilnya. Tapi kalau ada tokoh lain yang elektabilitasnya lebih baik daripada Sandi, maka kita tidak menutup kemungkinan akan mendorong Sandi menjadi wakil orang yang lebih baik daripada Sandi,” tutur Desmond.

“Siapapun nanti, kesimpulannya yang lawan Ahok maka akan kita dukung,” tegas Desmond.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Gerindra Keluar dari Pansus Angket, Wakil Ketua DPR Layangkan Sindiran

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, menyindir langkah Gerindra yang keluar dari keanggotaan Pansus ...