Home > Ragam Berita > Nasional > Soal Pledoi Freddy Budiman, MA Sebut Ada di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Soal Pledoi Freddy Budiman, MA Sebut Ada di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Jakarta – Tidak lama setelah gembong narkoba kelas kakap Freddy Budiman dieksekusi di depan regu tembak pada Jumat (29/7/2016) dinihari WIB, publik dibuat terkejut atas cerita dari Koordinator Kontras Haris Azhar terkait pengakuan Freddy kepada dirinya pada 2014 lalu.

Soal Pledoi Freddy Budiman, MA Sebut Ada di Pengadilan Negeri Jakarta Barat

Dalam pengakuannya, Freddy menyebutkan bahwa aparat penegak hukum di Indonesia turut bermain dalam bisnis narkoba, bahkan dirinya telah memberikan upeti yang jumlahnya mencapai puluhan milyar rupiah kepada petugas bea cukai, BNN, dan kepolisian, agar distribusi narkobanya dapat tetap berjalan.

Menurut Haris Azhar, pengakuan Freddy tersebut juga disampaikan pada pledoinya di pengadilan yang saat ini sedang dicari keberadaannya.

Menurut Juru Bicara Mahkamah Agung, Suhadi, pleidoi kasus Freddy Budiman dapat ditelusuri di pengadilan pengaju di mana Freddy diadili awal, yaitu Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

“Pleidoi berarti di tingkat pertama,” ujar Suhadi, Sabtu (30/7/2016).

“Itu melekat dengan berkasnya. Kalau dipelajari bisa saja. Ada dalam putusan awal. Di tingkat pertama kan dimuat pleidoi, ya,” katanya.

“Ke mana orang-orang itu? Saya sudah berikan uang ke BNN Rp 40 miliar, Rp 90 miliar ke pejabat tertentu di Mabes Polri. Bahkan saya menggunakan fasilitas mobil TNI bintang 2 di mana si jenderal duduk di samping saya ketika saya menyetir mobil dari Medan sampai Jakarta dengan kondisi di bagian belakang penuh narkoba. Perjalanan saya aman tanpa gangguan apa pun,” demikian salah dari ‘curhat’ Freddy Gunaawan kepada Haris Azhar.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

HTI : "PPP Pendukung Penista Alquran"

HTI : “PPP Pendukung Penista Alquran”

Jakarta – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang kini telah dibubarkan oleh pemerintah memastikan tidak akan ...