Jakarta – All New Honda CBR250RR memang berhasil diluncurkan beberapa hari yang lalu dan motor ini sepertinya akan menjadi primadona bagi para penggemar motor gedhe. Tema desain yang mana Speed Shape membuat All New Honda CBR250RR ini menjadi tampak lebi besar di bagia depan dan terlihat lebih gahar.

Meski Gunakan 2 Silinder, All New Honda CBR250RR Tetap Ramping

Seperti yang dilansir Otosia, Kamis (28/7/2016), All New Honda CBR250RR ini akan didapati Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang kompak menjadi dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.

Untuk membuat mesin yang sangat kompak, banyak teknologi yang diterapkan, seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.

Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama berkat teknologi tersebut. Bagian penting lain di layout power unit adalah downdraft air intake. Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi maksimal di rentang kecepatan.

Untuk pengendalian optimal, Honda mengimplementasikan throttle-by-wire (TBW). All New Honda CBR250RR ini merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Efeknya, diklaim, akselerasi menjadi halus dan stabil sekaligus lebih presisi. (Rini Masriyah – www.Harianindo.com)