Home > Ragam Berita > Nasional > Ratusan Masa Rusak Rumah Ibadah di Tanjung Balai

Ratusan Masa Rusak Rumah Ibadah di Tanjung Balai

Medan – Kerusuhan massa terjadi di Tanjung Balai, Sumatra Utara, pada Sabtu dini hari (30/7). Sembilan rumah ibadah dibakar atau dirusak oleh ratusan orang yang mengamuk. Menurut saksi mata, Yan Marpaung, 42, sedikitnya tiga vihara dan enam kelenteng yang dibakar massa di Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Peristiwa ini terjadi antara pukul 1-3 dini hari tadi, massa berhasil dibubarkan polisi sekitar pukul 4.

“Atas insiden itu, warga terutama jemaah masjid ramai-ramai mendatangi rumah wanita itu. Hampir saja massa membakar rumah wanita itu, kemudian polisi datang,” kata Yan.

Polisi akhirnya mengamankan wanita itu dan suaminya dari amuk massa. Warga menurut Yan sempat membubarkan diri, namun entah komando dari siapa, massa kemudian bergerak ke kelenteng di belakang masjid, di Jl Juanda.

Mobil-mobil di sekitar vihara digulingkan dan dibakar, di antaranya adalah dua vihara terbesar di Tanjung Balai. Menurut Yan, gerombolan massa terbagi menjadi beberapa kelompok. Pasalnya, vihara dan kelenteng itu terbakar di waktu yang hampir bersamaan.

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...