Home > Teknologi > Romo Carolus Jadi Saksi Mata Detik-detik Narapidana Dieksekusi Mati

Romo Carolus Jadi Saksi Mata Detik-detik Narapidana Dieksekusi Mati

Cilacap – Charles Patrict Edward Burrows, atau yang dikenal dengan nama Romo Carolus, terlihat bergegas menuju kapal yang akan membawanya ke Pulau Nusakambangan pada Kamis (28/7/2016). Pada jam-jam terakhir jelang eksekusi mati, sosok pria sepuh tersebut tiba di Dermaga Wijayapura, dengan dikawal aparat Brimob.

Romo Carolus Jadi Saksi Mata Detik-detik Narapidana Dieksekusi Mati

Bertempat di pulau berjuluk “Alcatraz Indonesia” tersebut, Romo Carolus rencananya akan mendampingi dua dari 14 terpidana mati yang rencananya akan dieksekusi pada Jumat (29/7/2016) dinihari. Eksekusi tersebut belakangan diketahui batal dilakukan.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmat mengonfirmasi bahwa hanya ada empat terpidana mati yang dieksekusi kala itu. Seorang WNI bernama Freddy Budiman dan tiga WNA, yakni Seck Osmane, Humphrey Jefferson Ejike Eleweke alias Doctor, dan Michael Titus Igwen bin Echere.

Romo Carolus mengaku tidak dapat mewakilkan penderitaan mereka yang dieksekusi mati dengan kata-kata. Namun, ia tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga para terpidana dinyatakan meninggal dunia.

“Yang pertama antara 7 sampai 8 menit. Ada juga yang sampai 15 menit, tapi belum meninggal,” kata Romo Carolus, seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (29/7/2016).

“Saat itulah, kapten yang menanti dengan pistol di tangan bertindak, dengan menembak di bagian kepala.” (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...