Home > Hiburan > Film > Film Marvel Kemungkinan Akan Menampilkan Karakter LGBT

Film Marvel Kemungkinan Akan Menampilkan Karakter LGBT

Los Angeles – Dengan dirilisnya Captain America: Civil War, Marvel telah mengukuhkan dirinya sebagai yang terdepan dalam film-film adaptasi komik. Civil War berhasil menghasilkan pendapatan sebesar $200 juta bahkan sebelum film ini dirilis untuk publik Amerika. Pra penjualan tiketnya hingga saat ini pun telah melampaui pencapaian Avengers: Age of Ultron dan Batman v Superman Dawn of Justice.

Film Marvel Kemungkinan Akan Menampilkan Karakter LGBT

Dirilisnya Civil War menandakan dimulainya fase ke tiga dari Marvel Cinematic Universe. Maka pembicaraan tentang masa depan MCU dan bagaimana fase ke empat dan seterusnya akan terbentuk, tidak bisa terelakkan lagi. Dengan meningkatnya popularitas superhero wanita seperti Jessica Jones, dan besarnya keinginan penonton untuk melihat karakter seperti Captain Marvel dan kemungkinan Black Widow yang akan dibuatkan film solonya, Marvel berusaha menjaga kontennya tetap up to date agar bisa selalu memuaskan fansnya.

Menurut laporan Coming Soon, Sabtu (30/7/2016), salah satu aspek kemanusiaan yang masih belum ditemukan dari film-film Marvel sejauh ini, adalah penyertaan karakter LGBT. Sebelumnya, Ryan Reynolds sempat membahas tentang orientasi seksual Deadpool yang cenderung panseskual, dan banyak fans Marvel yang berspekulasi tentang hubungan antara Steve Rogers dengan Bucky Barnes, alias Captain America dan Winter Soldier. Kendati demikian, hubungan keduanya hanyalah sebatas bromance di depan layar. Jadi, apakah di film-film Marvel yang mendatang karakter LGBT akan muncul? Menurut sutradara Captain America, Joe Russo, kemungkinannya amatlah kuat.

Kelak, pasti akan ada yang secara lantang menyuarakan ketidaksetujuannya, namun faktanya adalah, jika Marvel ingin merepresentasikan semua aspek kemanusiaan, itu berarti akan terjadi pemeilihan aktor yang lebih beragam dan otomatis akan membuat karakter-karakter yang lebih beragam pula. Menambahkan karakter LGBT ke dalam MCU, tak hanya akan memberikan cerminan yang lebih komprehensif terhadap masyarakat yang ada sekarang, namun juga akan membuka aspek-aspek storytelling baru untuk dieksplor.

Meskipun Hollywood bisa dibilang telah mengalami kemajuan terkait isu LGBT, namun untuk film-film besar, cenderung belum terlalu berani untuk memasang karakter LGBT sebagai pemeran utama karena takut kurang bisa diterima di pasar global. Apabila Russo dan Marvel berniat untuk melakukan inklusi ini, maka mereka harus mengambil sikap dan merealisasikan hal ini, tapi mereka harus lakukan dengan penuh kehati-hatian.

Di negara-negara seperti Cina dan Rusia, dimana orang-orang LGBT masih merasakan diskriminasi yang besar, sekaligus dimana film-film Marvel mendapatkan keuntungan yang besar juga, dengan menampilkan karakter gay atau transgender, maka Marvel harus menghadapi resiko filmnya yang kemungkinan besar akan disensor habis-habisan, atau bahkan diboikot. Meskipun demikian, hal ini nampaknya tidak menggentarkan Russo.

Argumen dari pihak Marvel ini didukung oleh opini yang dikeluarkan oleh J.J. Abrams, yang baru-baru ini mengatakan bahwa ia ingin melihat karakter gay muncul di film Star Wars. Fans cepat menyadari afeksi yang terpancar antara Finn dan Poe Dameron, meskipun belum ada konfirmasi terkait orientasi seksual keduanya.
(Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Terlibat Film Yang Sama, Luna Maya Tak Kesulitan Bangun Chemistry Dengan Herjunot Ali

Terlibat Film Yang Sama, Luna Maya Tak Kesulitan Bangun Chemistry Dengan Herjunot Ali

Jakarta – Salah seorang aktris cantik, Luna Maya mengungkapkan bahwa tidak kesulitan dalam membangun chemistry ...