Home > Teknologi > SSD Intel 3D XPoint Akan Dirilis Akhir Tahun 2016

SSD Intel 3D XPoint Akan Dirilis Akhir Tahun 2016

California – Beberapa tahun lalu, Intel telah memperkenalkan teknologi mutakhir untuk perangkat memori dan storage, yaitu Intel 3D XPoint. Teknologi ini memungkinkan peningkatan kecepatan dan kapasitas yang luar biasa di chip memori. Teknologi 3D Xpoint ini dikembangkan bersama oleh Intel dan Micron.

SSD Intel 3D XPoint Akan Dirilis Akhir Tahun 2016

Menurut laporan Extreme Tech, Minggu (31/7/2016), Intel mengklaim 3D XPoint ini 10 kali lebih padat dibanding chip memori yang ada saat ini, dan juga diklaim 10 kali lebih cepat dibanding SSD biasa. CEO Intel, Brian Krzanich, mengatakan bahwa Intel berencana akan merilis SSD berteknologi 3D XPoint dengan nama Optane akhir tahun ini, Sementara untuk memori, Intel akan merilis RAM berteknologi 3D XPoint tahun depan.

Brian juga mengatakan bahwa beberapa SSD 3D XPoint ini sudah siap dikirim ke beberapa penguji yang kebanyakan dari mereka adalah penyedia layanan cloud. Pengujian dimaksudkan untuk membantu Intel mencari masukan mengenai teknologi 3D XPoint ini. Brian juga mengatakan bahwa SSD 3D XPoint ini akan ditargetkan untuk Gaming PC high-end dan enterprise.

Intel mengatakan bahwa mereka akan merilis SSD Optane berkapasitas 1 TB dengan tebal 1.5 mm untuk laptop/tablet dan SSD Optane berkapasitas hingga 15 TB dengan ukuran 2.5 inci. SSD Optane ini akan kompatibel dengan protokol NVMe dan port PCI-E. Intel juga mengatakan bahwa SSD Optane ini dapat kompatibel juga dengan Windows dan Mac. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Viral, Foto Bayi Manusia dengan Singa Betina Ini Katanya Bukan Editan, Percaya ?

Jakarta – Sebuah akun di media sosial Facebook telah mengunggah dan menyebarkan beberapa foto yang ...