Home > Teknologi > Setengah Penduduk Dunia Masih Offline Hingga 2016

Setengah Penduduk Dunia Masih Offline Hingga 2016

California – Langkah beberapa perusahaan besar di dunia Internet, termasuk Google dan Facebook, untuk mengembangkan teknologi yang mempermudah penyebaran akses Internet tampaknya memang dibutuhkan. Prediksi dari International Telecommunication Union ternyata menunjukkan bahwa separuh penduduk dunia ternyata masih belum terhubung ke Internet di akhir tahun 2016 nanti. Ini menunjukkan bahwa penyebaran akses Internet memang masih belum seluas yang dibayangkan di era saat ini.

Setengah Penduduk Dunia Masih Offline Hingga 2016

Berdasarkan hasil penelusuran ITU, Minggu (31/7/2016), 3.9 miliar penduduk dunia, atau sekitar 53% dari total populasi, masih belum akan terhubung ke Internet di akhir tahun 2016 ini. Hal tersebut tampaknya dipengaruhi oleh kurang meratanya perkembangan jaringan Internet di berbagai wilayah di dunia. Eropa, wilayah dengan tingkat akses Internet tertinggi, hanya 20.9% penduduknya yang belum terhubung ke Internet, sedangkan di Afrika, 74.9% penduduknya masih belum terhubung.

Selain berdasarkan wilayah, tingkat perkembangan ekonomi di suatu negara juga menjadi faktor yang menentukan perkembangan akses Internet. ITU menyebutkan bahwa di negara-negara maju, akses Internet bisa didapatkan hingga 80% populasi, sementara di negara berkembang hanya sekitar 40% penduduknya yang sudah mendapatkan akses Internet. Namun, di negara-negara yang belum berkembang, Internet cuma bisa dinikmati oleh sekitar 15.2% penduduk saja, termasuk di Haiti, Yaman, Myanmar, dan Etiophia. Ini membuktikan bahwa teknologi yang membantu perkembangan jaringan Internet memang tengah dibutuhkan.

Bukan hanya tidak meratanya perkembangan jaringan Internet yang menyebabkan akses Internet masih belum bisa dinikmati separuh penduduk dunia, berdasarkan penelusuran ITU, biaya akses juga menjadi salah satu penghambat. Internet diakui menjadi semakin murah sejak tahun 2011, tetapi tetap tidak terjangkau bagi negara-negara dengan tingkat pendapatan rendah. Jadi, selain perluasan jaringan, faktor biaya akses juga jadi hal yang harus dipertimbangkan oleh pihak-pihak terkait.
(Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Hp Nokia Digunakan Sebagai Sex Toy Untuk Masturbasi

Hp Nokia Digunakan Sebagai Sex Toy Untuk Masturbasi

Jakarta – Hasil survei tentang masturbasi perempuan di India mengungkapkan sebuah fakta cukup mengejutkan. Berdasarkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis