Home > Teknologi > Penjualan Smartwatch Global Mengalami Penurunan

Penjualan Smartwatch Global Mengalami Penurunan

Boston – Berdasarkan data IDC, Minggu (31/7/2016), penjualan smartwatch per-tahunnya mengalami penurunan untuk pertama kalinya di kuartal kedua tahun ini. Di kuartal yang sama di tahun 2015, penjualan smartwatch menembus 5.1 juta unit, sedangkan untuk kuartal kedua tahun ini hanya mampu menembus 3.5 juta unit saja.

Penjualan Smartwatch Global Mengalami Penurunan

IDC mengumumkan bahwa telah terjadi penurunan penjualan smartwatch sebesar 32%. Menariknya, hanya satu dari lima besar produsen smartwatch dunia yang mengalami penurunan, yaitu Apple. Di kuartal kedua tahun ini, Apple hanya menjual 1.6 juta unit Apple Watch, sedangkan di kuartal kedua di tahun 2015 Apple berhasil menjual 3.6 juta unit Apple Watch.

Sementara untuk Samsung, penjualan smartwatch mereka mengalami kenaikan hingga 51% di kuartal kedua tahun ini dan selalu mengalami peningkatan unit yang dijual dari 400.000 unit menjadi 600.000 unit per tahunnya. Samsung pun juga telah meningkatkan market share di pasar smartwatch dari 7% menjadi 16% di kuartal kedua tahun ini. Mereka kini menempati posisi kedua setelah Apple di pasar smartwatch.

Posisi ketiga diisi oleh Lenovo yang juga mengalami pertumbuhan penjualan smartwatchnya hingga 75% di kuartal kedua tahun ini, dengan market share sebesar 9%, meningkat 3% dari tahun lalu. Selanjutnya, di posisi keempat diisi oleh LG dengan market share 8% dan posisi kelima diisi oleh Garmin dengan market share 4%. IDC juga memperkirakan bahwa pertumbuhan penjualan smartwatch kemungkinan akan kembali naik di tahun 2017 dikarenakan perilisan Apple Watch terbaru di bulan September mendatang. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...