Home > Teknologi > Nvidia Umumkan Titan X Pascal

Nvidia Umumkan Titan X Pascal

California – Awal Mei lalu NVIDIA memperkenalkan arsitektur terbarunya, Pascal, dengan menghadirkan dua graphic card GeForce terbarunya, GTX 1080 dan GTX 1070. Kehadiran kedua graphic card terbaru dari NVIDIA tersebut memberikan standar tinggi dalam pasar graphic card karena berhasil menyediakan tenaga hingga 9 TFLOPS dalam sebuah graphic card tunggal. Dalam hal ini, GeForce GTX 1080 berhasil menjadi raja baru di ranah graphic card tunggal.

Nvidia Umumkan Titan X Pascal

Seakan tak puas sampai disitu saja, hari ini NVIDIA resmi mengumumkan kehadiran graphic card NVIDIA Titan X berbasiskan arsitektur Pascal. Seperti yang dikutip dari situs TechPowerUp, Minggu (31/7/2016), NVIDIA Titan X Pascal ini akan dibekali dengan chip GPU GP102 yang dibuat melalui proses pabrikasi 16 nm seperti GPU Pascal lainnya dan memiliki 12 Miliar transistor, lebih besar dari transistor pada GP104 yang berada di angka 7,2 Milyar.

GPU Pascal GP102 yang ditanamkan pada NVIDIATitan X terbaru ini akan memiliki 56 streaming multiprocessors dan juga 3,584 CUDA cores dan akan berjalan dengan Base Clock 1417 MHz dengan Boost Clock 1531 MHz. Anda yang mengharapkan hadirnya High Bandwidth Memory 2 (HBM2) pada GTX Titan terbaru mungkin harus sedikit kecewa karena GTX Titan X Pascal ini hadir dengan memori 12GB GDDR5X berkecepatan 10 Gbps dengan antarmuka memori sebesar 384-bit.

Dengan TDP rate di angka 250 Watt, graphic card ini memerlukan sepasang konektor daya PCI-E 8-pin dan 6-pin untuk dapat beroperasi. Menariknya, NVIDIA Titan X Pascal didaulat dapat menghasilkan tenaga hingga 11 TFLOPS, yang artinya akan menjadikan graphic card ini sebagai graphic card tunggal tercepat. NVIDIA mengklaim Titan X Pascal ini adalah GPU terbesar yang pernah dibuat dan performanya 60 persen lebih cepat dari Titan X generasi sebelumnya dan 3x lebih cepat ketimbang GTX Titan. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Jakarta – Bagi para pengguna kartu pra bayar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau agar ...