Home > Teknologi > Kaby Lake Akan Hadir Pada Laptop Lebih Dulu?

Kaby Lake Akan Hadir Pada Laptop Lebih Dulu?

California – Prosesor generasi berikutnya dari Intel, Core i 7th Gen., disebut akan hadir untuk PC Desktop di awal tahun 2017 mendatang. Namun, di perangkat mobile, khususnya laptop dan 2-in-1, prosesor tersebut bisa jadi akan hadir lebih cepat. Bahkan, diperkirakan laptop-laptop dengan prosesor “Kaby Lake” tersebut akan hadir dalam beberapa bulan mendatang, sebelum akhir tahun ini.

Kaby Lake Akan Hadir Pada Laptop Lebih Dulu?

Berdasarkan apa yang disampaikan Bryan Krzanich, CEO Intel, pada PC World, Minggu (31/7/2016), Kaby Lake saat ini sudah mulai dikirimkan ke para produsen laptop. Hanya saja, tidak disebutkan secara rinci jenis prosesor Kaby Lake yang sudah mulai dikirimkan tersebut. Umumnya, dalam jarak 2-3 bulan sejak Intel mengirimkan prosesor baru mereka, produk akhir dengan prosesor baru tersebut akan hadir di pasaran.

Sejak beberapa waktu lalu, beberapa merek laptop ternama memang sudah mengumumkan produk mereka yang akan dilengkapi dengan prosesor Core i 7th Gen. Namun, mereka pada umumnya tidak menyebutkan detail prosesor yang akan digunakan, karena Intel bisa jadi memang belum melakukan finalisasi spesifikasi prosesor tersebut. Walaupun begitu, pengumuman tersebut tentu saja menjadi salah satu pertanda bahwa laptop dengan Kaby Lake akan hadir sebelum akhir tahun ini.

Krzanich juga menyebutkan bahwa Kaby Lake akan menawarkan kecepatan yang lebih tinggi bila dibandingkan Core i 6th Gen. Intel sendiri menyebut perubahan dari Skylake ke Kaby Lake sebagai tahap “optimization” yang berarti mendorong suatu arsitektur ke tingkat tertinggi sebelum mengubah fabrikasi ke lebih kecil. Fabrikasi lebih kecil, 10 nm, baru akan digunakan di generasi berikutnya, Cannonlake. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...