Home > Teknologi > AMD Ingin Buat Chip Untuk Supercomputer

AMD Ingin Buat Chip Untuk Supercomputer

California – Menyambut arsitektur CPU terbaru mereka, Zen, yang disebut akan mulai hadir di paruh kedua tahun 2016 ini, AMD tentu saja sudah menyiapkan banyak hal. Tidak hanya menghadirkan produk berbasis Zen untuk PC saja, baik desktop maupun laptop, AMD juga menyiapkan Zen untuk chip server. Untuk server, AMD bahkan disebut siap menghadirkan “super-chip” berbasis Zen.

AMD Ingin Buat Chip Untuk Supercomputer

Konsep super-chip dengan basis AMD Zen ini mungkin terlihat mirip dengan APU yang ditawarkan perusahaan tersebut saat ini, yakni menggabungkan core CPU dan GPU “Vega” dalam satu paket. Hanya saja, untuk chip baru ini, pemanfaatan GPU bukanlah seperti GPU di PC. AMD akan memanfaatkan GPU di super-chip ini sebagai co-processor. Ini dilakukan karena co-processor makin dibutuhkan di server dan supercomputer untuk tren komputasi terbaru saat ini.

Sejauh ini, co-processor memang telah tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk di antaranya Xeon Phi dari Intel, Tesla dari NVIDIA, dan FirePro dari AMD sendiri. Namun, semua solusi tersebut masih berupa card terpisah, bukan terintegrasi dengan CPU. Bila AMD bisa menghadirkan co-processor terintegrasi dalam satu chip dengan CPU, dan bisa menampilkan performa yang baik serta harga yang wajar, bukan tidak mungkin itu akan menjadi produk yang banyak dicari untuk supercomputer ke depannya.

Berdasarkan kabar dari AMD, Minggu (31/7/2016), server dengan chip berbasis Zen sendiri akan hadir awal tahun 2017 mendatang. Namun, tentu saja server tersebut masih belum dilengkapi dengan super-chip ini, “hanya” CPU Zen untuk server standar saja. Masih belum diketahui kapan AMD akan mulai menggarap super-chip ini, dan kapan mereka bisa mulai menghadirkannya ke dunia. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Segera Lakukan Registrasi Ulang Kartu Pra Bayar Bila Tidak Ingin Diblokir

Jakarta – Bagi para pengguna kartu pra bayar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau agar ...