Home > Ragam Berita > Nasional > Ormas Islam di Tanjung Balai Sempat Memprotes Keberadaan Patung Budha

Ormas Islam di Tanjung Balai Sempat Memprotes Keberadaan Patung Budha

Tanjungbalai – Wihara Tri Ratna terletak di tengah kota Tanjung Balai persisnya di Jln Asahan Tanjung Balai, Sumatera Utara. Hasil pantauan Harian Indo, Sabtu (30/7/2016) Wihara didirikan sejak tahun 2006 dengan luas bangunan 1.432 meter persegi yang terdiri dari 4 lantai. Wihara tersebut dibangun dengan IMB yang dikeluarkan oleh Walikota dengan No. 648/237/K/2006.

Ormas Islam di Tanjung Balai Sempat Memprotes Keberadaan Patung Budha

Di atas lantai 4 wihara tersebut didirikan Patung Buddha Amitabha dengan tinggi 6 meter yang diresmikan sejak tanggal 8 November 2009. Patung Budha tersebut merupakan satu kesatuan dengan Vihara Tri Ratna.

Pada saat ini, Wihara Tri Ratna merupakan satu-satunya Vihara di Kota Tanjung Balai yang melayani sekitar 2.000 orang Umat Budha. Selain Vihara, di Kota Tanjung Balai juga terdapat 3 klenteng sebagai tempat sembahyang Umat Budha.Semenjak diresmikan, Vihara tersebut digunakan sebagai tempat ibadah umat Budha dengan nyaman.

Sayangnya, kenyamanan tersebut mulai terusik ketika tanggal 30 Mei 2010 dan 29 Juni 2010 beberapa ormas yang mengatasnamakan “Gerakan Islam Bersatu” melakukan demonstrasi ke Kantor DPRD dan Walikota Tanjung Balai.

Mereka mendesak pemerintah menurunkan Patung Buddha dengan alasan bahwa keberadaan patung tersebut tidak mencerminkan kesan islami di Kota Tanjung Balai dan dapat mengganggu keharmonisan di tengah-tengah masyarakat. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Pria Ini Bangga Bisa Punya Mobil Milik Koruptor

Pria Ini Bangga Bisa Punya Mobil Milik Koruptor

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan acara lelang pada hari jumat (22/09/2017) kemarin di ...