Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Hal yang Tidak Diduga Bisa Memicu Serangan Jantung

4 Hal yang Tidak Diduga Bisa Memicu Serangan Jantung

Jakarta – Jangan merasa aman dari serangan jantung meski Anda masih di usia muda. Saat ini, penyakit jantung bukan hanya bisa menyerang dewasa usia tua, namun juga dewasa muda bahkan mereka dengan usia 20-an tahun.

4 Hal yang Tidak Diduga Bisa Memicu Serangan Jantung

Oleh karena itulah, Anda harus lebih memperhatikan pola hidupnya dan memperhatikan kesehatan dengan lebih jeli.

Meski demikian, ada saja hal-hal kecil yang tak diduga-duga bisa menyebabkan serangan jantung. Apa sajakah? Berikut pembahasannya seperti dilansir dari vemale.com, Senin (1/8/2016):

Infeksi

Jika kamu didiagnosa terserang flu atau infeksi saluran pernafasan lainnya, risiko tubuhmu terserang serangan jantung bisa lima kali lebih besar selama 3 hari setelah diagnosis. Ini karena infeksi bisa menimbulkan efek inflamasi atau pembengkakan yang bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Gangguan organ ginjal

Sebuah penelitian tentang pasien dengan usia tua di Rotterdam Belanda menemukan bahwa memiliki ginjal yang lemah, bahkan tanpa gangguan ginjal serius, bisa menempatkanmu mengalami risiko tinggi serangan jantung.

Lingkungan perkotaan

Menurut sebuah penelitian di Jerman, lingkungan perkotaan yang khas dengan macet kendaraan, asap kendaraan, rokok, asap pembakaran sampah, dan segala jenis polusi udara ternyata juga membuat tubuh lebih rentan terkena serangan jantung.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa tubuh dua kali lebih rentan mengalami kematian karena terkena penyakit cardiopulmonary (berhubungan dengan paru-paru dan jantung) karena polusi.

Suplemen kalsium

Suplemen kalsium biasanya diperlukan bagi orangtua untuk mencegah osteoporosis, dan wanita hamil karena saat hamil kalsium dalam tubuh wanita akan banyak diserap bayi dalam kandungan. Sebuah penelitian di New Zealand menemukan bahwa wanita yang minum 1 gram kalsium sitrat rutin selama 5 tahun memiliki potensi 2 kali lipat mengalami serangan jantung.

Penelitian lainnya menemukan bahwa orang-orang (khususnya wanita) yang minum suplemen kalsium 500 mg per hari punya 30% kecenderungan mengalami serangan jantung. Jadi, jangan mengonsumsi suplemen kalsium jika tak perlu, kecuali jika kamu adalah ibu hamil atau orang tua yang memang disarankan oleh dokter untuk mengonsumsinya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*

12465455_10205256660160520_652338149_o

Portal Berita Indonesia

 

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

 

Aktual, Faktual dan Humanis