Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Adakan Pertemuan dengan PM Malaysia untuk Bahas Kerja Sama Trilateral

Jokowi Adakan Pertemuan dengan PM Malaysia untuk Bahas Kerja Sama Trilateral

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelenggarakan pertemuan bilateral. Pertemuan tersebut dilakukan dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Bin Tun Abdul Razak. Nah, keduanya pun saat itu membahas tiga isu utama yang sedang hangat. Salah satunya adalah penetapan batas wilayah Indonesia dan Malaysia.

Jokowi Adakan Pertemuan dengan PM Malaysia untuk Bahas Kerja Sama Trilateral

”Mengenai penetapan batas wilayah, kita sepakat untuk lebih mengintensifkan negosiasi dan pertemuan-pertemuan,” kata Jokowi pada Senin (1/8/2016).

Selanjutnya, dua kepala negara ini juga membicarakan rencana kerja sama trilateral antara Indonesia, Malaysia dan Filipina soal keamanan perairan Sulawesi Utara. Jokowi mengatakan Indonesia memiliki perhatian besar dalam mengurangi kasus penculikan di kawasan perairan ini.

”Indonesia menyampaikan concern terhadap kasus penculikan di kawasan tersebut, dan Indonesia mendorong kerjasama trilateral antara Malaysia, Filipina dan Indonesia mengenai pengamanan perairan Sulu dan sekitarnya dapat segera dilakukan,” jelas dia.

Selain itu, Jokowi dan PM Najib menandatangani dua dokumen kerjasama. Antara lain, Perjanjian Negara Tuan Rumah bagi Sekretariat Dewan Negara-Negara Produsen Minyak Sawit dan Perjanjian ASEAN Banking Integration Framework(ABIF) antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI dengan Bank Negara Malaysia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

PAN Sepertinya Akan Mengusung Pasangan Khofifah – Emil Dardak Dalam Pilkada Jatim 2018

PAN Sepertinya Akan Mengusung Pasangan Khofifah – Emil Dardak Dalam Pilkada Jatim 2018

Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) sepertinya akan tetap mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil ...