Home > Ragam Berita > Nasional > Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

Jakarta – Gugatan praperadilan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi ditolak. Penolakan tersebut dilakukan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sebagaimana diketahui, Rohadi melayangkan gugatan atas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, permohonan praperadilan tersebut dilakukan anak Rohadi, Rian Seftriadi.

Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

”Mengadili, menyatakan permohonan praperadilan pemohon tidak dapat diterima,” kata Hakim Tunggal Tafsir Sembiring di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Menurut Tafsir, pihaknya tak berwenang mengadili gugatan praperadilan yang diajukan Rohadi lantaran berdasarkan pendapat saksi Yahya Harahap yang mengatakan praperadilan diajukan di tempat dimana penangkapan, penggeledahan, penyitaan dilakukan.

”Hal tersebut (penangkapan, penggeledahan, penyitaan) bukan di Jakarta Pusat, sedangkan pemohon mendasarkan gugatan praperadilan di PN Jakpus,” jelasnya.

Tafsir mengungkapkan, menurut Pasal 63 Ayat (3) Undang-Undang KPK, hakim akan mempertimbangkan untuk mengadili praperadilan jika perkara pokok sudah diputus.

”Hal ini berarti perkara pokok sudah diputus, sedangkan dalam perkara ini, perkara pokok belum diputus atau belum diajukan dalam persidangan, sehingga hakim tidak bisa menilai apakah berwenang atau tidak sidang praperadilan dalam kasus ini,” ujar Tafsir. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...