Home > Ragam Berita > Nasional > Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

Jakarta – Gugatan praperadilan Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi ditolak. Penolakan tersebut dilakukan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Sebagaimana diketahui, Rohadi melayangkan gugatan atas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, permohonan praperadilan tersebut dilakukan anak Rohadi, Rian Seftriadi.

Gugatan Praperadilan Panitera Rohadi Ditolak PN Jakpus

”Mengadili, menyatakan permohonan praperadilan pemohon tidak dapat diterima,” kata Hakim Tunggal Tafsir Sembiring di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2016).

Menurut Tafsir, pihaknya tak berwenang mengadili gugatan praperadilan yang diajukan Rohadi lantaran berdasarkan pendapat saksi Yahya Harahap yang mengatakan praperadilan diajukan di tempat dimana penangkapan, penggeledahan, penyitaan dilakukan.

”Hal tersebut (penangkapan, penggeledahan, penyitaan) bukan di Jakarta Pusat, sedangkan pemohon mendasarkan gugatan praperadilan di PN Jakpus,” jelasnya.

Tafsir mengungkapkan, menurut Pasal 63 Ayat (3) Undang-Undang KPK, hakim akan mempertimbangkan untuk mengadili praperadilan jika perkara pokok sudah diputus.

”Hal ini berarti perkara pokok sudah diputus, sedangkan dalam perkara ini, perkara pokok belum diputus atau belum diajukan dalam persidangan, sehingga hakim tidak bisa menilai apakah berwenang atau tidak sidang praperadilan dalam kasus ini,” ujar Tafsir. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sistem di BPK Masih Buka Peluang Pegawainya Lakukan Korupsi

Prihatin, Ketua Saber Pungli Justru Menjadi Tersangka Suap

Jakarta – Berkali-kali enteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo mencoba ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis