Home > Teknologi > Android Kini Bisa Kirim Lokasi Ketika Emergency Call

Android Kini Bisa Kirim Lokasi Ketika Emergency Call

California – Google mengabarkan bahwa salah satu update terbaru dari Google Play Service yang baru saja mereka hadirkan akan banyak membantu publik di keadaan darurat. Melalui update itu, Android akan secara otomatis mengirimkan data lokasi pengguna berdasarkan informasi dari WiFi, GPS dan BTS seluler ketika melakukan panggilan darurat. Data lokasi ini akan sangat membantu, dan Google hanya akan memberikannya ke pihak berwenang yang bisa membantu saat keadaan darurat saja.

Android Kini Bisa Kirim Lokasi Ketika Emergency Call

Masalahnya, fitur pengiriman data lokasi di keadaan darurat ini hanya dapat digunakan jika didukung oleh operator seluler. Kebijakan terkait hal itu akan jatuh ke tangan masing-masing operator seluler di tiap-tiap negara. Beberapa operator yang menyataan akan memanfaatkan fitur ini adalah operator dari Inggris Raya dan Estonia. Selain keduanya, belum ada kabar negara-negara di dunia akan memanfaatkan fitur dari Google ini. tapi sepertinya kedepan akan lebih banyak negara-negara di dunia yang akan memanfaatkan fitur Google ini.

Fitur ini tentu saja akan memungkinkan respon yang lebih cepat di keadaan darurat. Seharusnya, ke depannya, akan lebih banyak negara di dunia yang memanfaatkan fitur ini. Semoga saja beberapa operator seluler di Indonesia memanfaatkan fitur terbaru dari Google ini, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia yang sedang berada di keadaan darurat, baik karena bencana alam ataupun kondisi bahaya, termasuk tindakan kriminal.

Update untuk Google Play Service sendiri umumnya dilakukan secara diam-diam oleh Google saat smartphone terhubung ke Internet. Oleh karena itu, tidak banyak yang tahu bahwa fitur ini telah dihadirkan. Google sendiri sudah menjelaskan fitur ini di blog resmi mereka untuk Eropa, Selasa (2/8/2016). (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Kapolri: Telegram Medsos Favorit Kelompok Teroris

Jakarta – Pemblokiran media sosial Telegram oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jelas menuai pro ...