Home > Gaya Hidup > Ini Penyebab Serangan Jantung Pada Penderita di Usia Muda

Ini Penyebab Serangan Jantung Pada Penderita di Usia Muda

Jakart – Belum lama ini publik di Tanah Air dikejutkan dengan meninggalnya penyanyi jebolan Indonesian Idol, Mike Mohede, di usianya yang masuh sangat muda, 32 tahun.

Ini Penyebab Serangan Jantung Pada Penderita di Usia Muda

Mike meninggal pada Hari Minggu (31/7/2016) sore pukul 17.30 WIB karena serangan jantung pada saat tidur.

Lantas banyak timbul pertanyaan, mengapa di usia Mike yang masih sangat muda dan tidak nampak adanya gejala penyakit sebelumnya dan terlihat sehat-sehat saja bisa tiba-tiba meninggal karena serangan jantung.

Kematiam mendadak akibat serangan jantung atau yang disebut dengan sudden cardiac death (SCD) bisa terjadi pada siapa saja, bahkan mereka yang usianya masih muda. Penyebab dari SCD ini sangat bervariasi, namun dua pertiganya disebabkan oleh kelainan jantung. Irama jantung yang tidak normal ini disebut fibrilasi ventrikel.

Ada tiga penyebab spesifik kematian penderita serangan jantung di usia muda, yaitu hypertrophic cardiomyopathy (HCM), kelainan arteri koroner, dan long QT syndrom.

Pada penderita HCM, terjadi penebalan pada otot jantung (miokardium) sehingga jantung tidak bisa memompa darah dengan baik. Meskipun hal ini tidak berakibat fatal, namun HCM menjadi penyebab umum kematian mendadak penderita berusia di bawah 30 tahun.

Sedangkan kelainan arteri koroner merupakan kelainan bawaan sejak lahir yang menyebabkan aliran darah menuju jantung menjadi terganggu.

Pada kasus long QT syndrome, terjadi peradangan pada jantung atau yang disebut miokarditis akut, yang menyebabkan gangguan irama jantung. Peradangan pada jantung ini bisa disebabkan karena virus dan penyakit lain. Mereka yang menderita long QT syndrome ini mempunyai kemungkinan risiko kematian mendadak yang lebih tinggi.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Apa Itu Penyakit Lupus??

Apa Itu Penyakit Lupus??

Jakarta – Pasti dari sekian banyak para pembaca, tak banyak yang bisa menjelaskan apa itu ...