Home > Ragam Berita > Nasional > Pendaftaran Calon Independen Pilkada DKI 2017 Dibuka Hari Ini

Pendaftaran Calon Independen Pilkada DKI 2017 Dibuka Hari Ini

Jakarta – Proses pendaftaran peserta yang ingin maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 melalui jalur independen telah dibuka pendaftarannya mulai hari ini, Rabu (3/7/2016).

Pendaftaran Calon Independen Pilkada DKI 2017 Dibuka Hari Ini

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Soemarno mengaku bahwa pihaknya hingga kini telah menerima delapan orang yang telah melakukan konfirmasi untuk maju melalui jalur independen.

“Yang lima orang konfirmasi by phone (lewat telepon), ketemu langsung tiga orang,” kata Soemarno saat ditemui di Kantor KPU DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

Namun demikian, Soemarno tidak bisa memberikan informasi terkait siapa saja delapan orang yang menyatakan diri siap maju dalam Pilgub DKI mendatang karena mereka baru sekedar menyatakan konfirmasinya, belum memberi kepastian terkait keinginan mereka tersebut.

“Tidak etislah kalau saya menyebutkan nama-namanya karena belum tentu mereka akan datang. Kan baru konfirmasi. Apakah mereka akan datang benaran, kami tidak tahu,” ujar Soemarno.

Bagi peserta yang ingin maju dalam Pilkada DKI 2017 mendatang, KPU DKI memberikan waktu untuk mendaftarkan diri dan menyerahkan bukti data KTP dukungan mulai hari ini hingga tanggal 7 Agustus 2016 mendatang.

Dari delapan orang yang menyatakan diri untuk maju dalam Pilkada DKI mendatang, baru beberapa orang saja yang menentukan tanggal pasti kedatangan mereka untuk menyerahkan berkas ke KPU DKI, sedangkan yang lainnya belum memberikan kepastian.

“Ada yang bilang mau datang tanggal 5 (Agustus). Ada juga yang bilang akan datang, tetapi harinya belum dipastikan. Ada juga yang bilang hari ini akan datang hanya untuk mengambil formulir terlebih dulu. Jadi, macam-macam. Pada prinsipnya, kami buka ‘warung’ dari 3-7 Agustus. Peminat warung mau datang kapan ya terserah,” kata Soemarno.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Dajarot Minta Lurah dan Camat Awasi Kinerja PPSU

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan mengevaluasi para petugas penanganan prasarana dan ...