Home > Teknologi > Lampu Pintar yang Dapat Lumpuhkan Jaringan Lokal

Lampu Pintar yang Dapat Lumpuhkan Jaringan Lokal

Munich – Era perangkat pintar tentu saja membuat banyak sekali perangkat yang ada di sekitar kita yang bisa terhubung ke Internet. Hal itu di satu sisi mungkin saja akan memudahkan berbagai hal dalam kehidupan, karena berbagai perangkat di rumah atau kantor bisa dikontrol dari jarak jauh melalui aplikasi di smartphone yang terhubung ke Internet. Hanya saja, di sisi lain, perangkat-perangkat pintar itu bisa jadi membuka celah yang memiliki potensi bahaya dari sisi keamanan digital, termasuk salah satunya produk lampu pintar dari Osram.

Lampu Pintar yang Dapat Lumpuhkan Jaringan Lokal

Berdasarkan kabar dari ZDNet, Selasa (2/8/2016), lampu pintar bernama Lightify dari Osram ternyata memiliki celah keamanan yang memungkinkan penyerang mendapatkan akses ke jaringan lokal, atau bahkan melakukan berbagai bentuk serangan ke perangkat lain yang ada dalam jaringan lokal yang sama. Memanfaatkan celah keamanan yang ada, penyerang bisa menyadap informasi WiFi, dan tentunya mendapatkan akses ke jaringan lokal tersebut. Selain itu, dengan menyuntikkan cross-site scripting ke web management console di dalam lampu, bisa jadi serangan akan melumpuhkan berbagai perangkat di jaringan lokal.

Celah keamanan ini disebut ditemukan oleh Rapid7, peneliti keamanan digital, di versi “Home” maupun “Pro” dari lampu Lightify tersebut. Hal ini tentu saja membuat serangan yang memanfaatkan celah keamanan di lampu Osram tersebut menjadi memiliki potensi bahaya besar, terutama bila ditujukan ke lampu “Pro” yang digunakan di perkantoran. Bisa jadi, data-data penting bisa dicuri dari komputer atau perangkat di jaringan lokal melalui celah tersebut.

Osram, sebagai produsen Lightify, disebut sudah memberikan tanggapan terhadap temuan masalah ini. Mereka menjanjikan perbaikan akan hadir bulan Agustus 2016 mendatang. Hanya saja, di perbaikan tersebut, masih belum semua celah yang ada akan ditutup. Tentu saja, hal ini membuat potensi pemanfaatan celah untuk hal-hal yang merugikan masih ada, setidaknya hingga semua celah berhasil ditutup Osram. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Resep Udang Goreng Cabe Hijau Nikmat

Resep Udang Goreng Cabe Hijau Nikmat

Jakarta – Apabila Anda merupakan penggemar sajian udang goreng, cobalah membuat menu yang satu ini. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis