Home > Teknologi > Sains > Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Jakarta – Bila Anda merasa Australia terlalu jauh dari Indonesia mungkin pandangan itu harus segera dihapus karena berdasarkan perhitungan dari ilmuwan, benua Australia bergeser 7 cm mendekati Indonesia setiap tahunnya.

Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Bergeraknya tempat habitat kangguru ini disebabkan karena tumbukan lempeng tektonik bumi yang memang termasuk aktif di wilayah Australia. Bukan hanya di Australia, lempeng pasifik juga diketahui bergeser 11 cm setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh para ilmuwan di Australia, sejak 1994 Australia telah bergeser sejauh 1,5 meter ke utara. Karena itu, para ilmuwan ini harus menghitung ulang posisi garis bujur dan garis lintang Australia.

Meskipun hanya bergeser beberapa sentimeter saja setiap tahunnya namun pergeseran benua Australia ternyata cukup membuat repot dalam hal penghitungan ulang garis bujur dan garis lintang, termasuk perubahan data layanan navigasi dan GPS.

“Garis benua Australia memang tetap. Tetapi dengan waktu yang terus berjalan, posisi sekarang dibandingkan dengan posisi GPS akan muncul perbedaan. Sehingga kita perlu mengubahnya,” ungkap Dan Jaksa, perwakilan Geoscience Australia.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Hp Nokia Digunakan Sebagai Sex Toy Untuk Masturbasi

Hp Nokia Digunakan Sebagai Sex Toy Untuk Masturbasi

Jakarta – Hasil survei tentang masturbasi perempuan di India mengungkapkan sebuah fakta cukup mengejutkan. Berdasarkan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis