Home > Teknologi > Sains > Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Jakarta – Bila Anda merasa Australia terlalu jauh dari Indonesia mungkin pandangan itu harus segera dihapus karena berdasarkan perhitungan dari ilmuwan, benua Australia bergeser 7 cm mendekati Indonesia setiap tahunnya.

Fakta, Sejak 1994 Benua Australia Bergeser 1,5 Meter Mendekati Indonesia

Bergeraknya tempat habitat kangguru ini disebabkan karena tumbukan lempeng tektonik bumi yang memang termasuk aktif di wilayah Australia. Bukan hanya di Australia, lempeng pasifik juga diketahui bergeser 11 cm setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh para ilmuwan di Australia, sejak 1994 Australia telah bergeser sejauh 1,5 meter ke utara. Karena itu, para ilmuwan ini harus menghitung ulang posisi garis bujur dan garis lintang Australia.

Meskipun hanya bergeser beberapa sentimeter saja setiap tahunnya namun pergeseran benua Australia ternyata cukup membuat repot dalam hal penghitungan ulang garis bujur dan garis lintang, termasuk perubahan data layanan navigasi dan GPS.

“Garis benua Australia memang tetap. Tetapi dengan waktu yang terus berjalan, posisi sekarang dibandingkan dengan posisi GPS akan muncul perbedaan. Sehingga kita perlu mengubahnya,” ungkap Dan Jaksa, perwakilan Geoscience Australia.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Viral, Wanita Ini Emosi Usai Ditampar Oleh Pria di Jalan Tol

Viral, Wanita Ini Emosi Usai Ditampar Oleh Pria di Jalan Tol

Jakarta – Beberapa waktu belakangan banyak video atau foto yang tengah viral di media sosial ...