Home > Ragam Berita > Nasional > Berita Terkini : Menkes Imbau Jamaah Haji Berhati-hati dengan Virus Unta

Berita Terkini : Menkes Imbau Jamaah Haji Berhati-hati dengan Virus Unta

Sleman – Virus Mers-Cov atau virus unta kini mulai merebak di tanah suci. Karena itu, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengeluarkan imbauan. Pihaknya berharap jamaah haji asal Indonesia mewaspadai virus tersebut.

Berita Terkini : Menkes Imbau Jamaah Haji Berhati-hati dengan Virus Unta

”Jamaah haji harus benar-benar bisa menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji,” kata Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek pada Rabu (3/8/2016).

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Arab Saudi dalam upaya pencegahan penyebaran virus unta tersebut.

”Bila ada jamaah Indonesia yang menderia gejala-gejala terserang virus itu, akan dilakukan karantina terlebih dahulu di Arab Saudi, sebelum masuk ke Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, indikasi orang terserang virus unta adalah panas yang cukup tinggi. ”Namun harus ada pemeriksaan lebih lanjut untuk membuktikan apakah jamaah positif virus atau tidak,” katanya.

Sementara itu, di Kabupaten Sleman sendiri, dari 933 calon jamaah haji sebanyak 30 persennya tergolong dalam risti. Kementerian Agama akan memberikan tanda khusus bagi calon jamaah yang masuk dalam kelompok risti.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes juga mengimbau kepada rumah sakit untuk mengampanyekan gaya hidup seht kepada pasien. ”Setiap rumah sakit, bisa berperan memberikan edukasi hidup sehat kepada setiap pasien,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ditolak Masuk ke AS, Ini Reaksi Panglima TNI

Ditolak Masuk ke AS, Ini Reaksi Panglima TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku kecewa dengan sikap Amerika Serikat yang menolak ...