Home > Teknologi > Sains > Benarkah Ledakan Sinar Gamma Bakal Mengancam Bumi ?

Benarkah Ledakan Sinar Gamma Bakal Mengancam Bumi ?

Jakarta – Manusia memeliki keterbatasan untuk menguak misteri Luar angkasa. Ada beberapa misteri yang belu terkuak. Misalnya, ledakan sinar gamma. Berdasar penelitian ilmuan, jika ledakan terjadi didekat bumi, kehidupan bakal punah dalam sekejap.

Benarkah Ledakan Sinar Gamma Bakal Mengancam Bumi ?

Secara garis besar, ledakan sinar gamma adalah cahaya energik yang melesat keluar dari lubang hitam. Biasanya peristiwa ini disebabkan oleh Hypernova (ledakan bintang) dan tabrakan lubang hitam.

Ledakan sinar gamma adalah salah satu fenomena alam semesta yang paling kuat. Energi yang dilepaskan berfokus pada gelombang elektromagnetik. Hal ini menyebabkan ledakan tersebut dapat melakukan perjalanan miliaran tahun cahaya dan dapat terlihat oleh manusia.

Biasanya, ledakan sinar gamma bisa berlangsung sangat singkat, tidak sampai satu detik. Namun jika Bumi terpapar energi ini, Bumi konon akan hancur dalam seketika.

Sebagaimana diberitakan Daily Mail pada Rabu (3/8/2016), meski bumi memiliki lapisan ozon, namun para peneliti memperkirakan bahwa tidak ada yang bisa melindungi bumi dari peristiwa ini. ”Lapisan ozon tidak bisa melindungi kita. Semburan sinar gamma akan membakar manusia dalam sekejap,” kata salah satu peneliti.

Untungnya, kemungkinan terjadinya peristiwa ini cukup kecil. Di galaksi tempat manusia bermukim, ledakan sinar gamma hanya terjadi sekali dalam satu juta tahun. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pria Suka Pada Payudara Wanita

Jakarta – Payudara wanita telah menjadi bagian yang pasti dilirik setiap pria. Hal ini sangatlah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis