Home > Travel & Kuliner > Wisata > Menikmati Keindahan Negeri Di Atas Awan di Toraja

Menikmati Keindahan Negeri Di Atas Awan di Toraja

Rantepao – Sebuah destinasi wisata baru hadir di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kini, setiap pelammua ribuan wisatawan mendatang desa bernama Lolai yang berlokasi di ecamatan Kapalapitu. Kedatangan mereka ingin merasakan sensasi berada “di atas awan”.

Menikmati Keindahan Negeri Di Atas Awan di Toraja

Ya, apabila malam hari hingga pukul 10.00 pagi, daerah yang berada di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut itu, seakan berada di atas awan. Betapa tidak, dari sebuah halaman tempat dibangunnya Tongkonan Lempe, pengunjung datang dapat menyaksikan pemandangan di bawahnya yang tertutup awan.

Hasil pengamatan Harian Indo, Jumat (5/8/2016), puncak-puncak gunung di kejauhan menyembul dari antara awan yang terhampar dengan sangat luas. Sesekali gerakan awan membuat kampung-kampung di bawahnya terlihat. Rantepao, pusat kesibukkan Toraja Utara terlihat di kejauhan berada di bawah awan.

Malam hari pun tiba, ampu-lampu kota Rantepao menambah pemandangan yang semakin memesona. Kota itu telihat seperti dari atas pesawat. Saat matahari mulai terbit, bangunan-bangunan Tongkonan, khas Toraja menjadi pemandangan yang semakin menarik.

Lolai memang berada di gugusan pengunungan dengan panorama yang sangat indah. Dari Rantepao, lokasi wisata baru ini bisa dijangkau sekitar 30 menit dengan berkendara. Para pengelola, yang merupakan pemilik Tongkonan Lempe hanya menarik biaya parkir dengan tarif sukarela.

Di halaman mereka yang luas, tersedia pula beberapa tenda yang bisa disewa bagi yang ingin bertenda pada malam hari. harga sewanya pun murah, Rp 80.000 untuk tenda besar dan Rp 50.000 untuk ukuran kecil.

Menikmati Keindahan Negeri Di Atas Awan di Toraja

Sejumlah Teras Tongkonan Lempe juga bisa ditempati pengunjung bersantai sambil menikmati kopi Toraja yang disajikan pemilik rumah Tongkonan tersebut. Dan bagi yang ingin menginap, mereka juga bisa menyewakan Tongkonan sebagai homestay. Harap sediakan baju hangat atau jaket, karena hawa di Lolai yang kerap dijuluki sebagai “negeri di atas awan” ini sangat dingin.

Menantikan matahari terbit merupakan sebuah sensasi yang luar biasa, saat menyaksikan hamparan awan secara perlahan naik dari daratan rendah hingga ke Lolai. Di saat-saat tertentu, pengunjung bahkan seolah menginjak awan, karena hamparan awan bisa sejajar dengan tempat berdiri di Tongkonan Lempe.

Walau baru setahun populer, kini Lolai menjadi magnet wisata di Toraja Utara. para wisatawan asing yang datang ke Toraja pun tidak ingin ketinggalan untuk datang ke Lolai. Toraja memang layak dijuluki amazing land, karena panorama alam yang memesoa dipadu dengan kebudayaan dan tradisi yang masih terus dipertahankan. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Keindahan Pulo Cinta di Gorontalo Lebih Menawan Dibanding Maldives

Keindahan Pulo Cinta di Gorontalo Lebih Menawan Dibanding Maldives

Jakarta – Walaupun keberadaan dari Pulo Cinta masih belum diketahui banyak khalayak. Pulau ini telah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis