Home > Teknologi > Biaya Prouksi Oculus Rift Hanya 2.7 Juta Rupiah

Biaya Prouksi Oculus Rift Hanya 2.7 Juta Rupiah

London – Analis bisnis berbasis di London, Inggris merilis laporan teardown mereka terhadap perangkat headset virtual reality Oculus Rift. Berdasarkan laporan Teardown tersebut, Kamis (4/8/2016), Oculus disebut bisa mendapatkan untung yang cukup besar dari penjualan Rift. Hal itu disebabkan karena Rift diproduksi hanya dengan biaya sekitar Rp 2.7 juta, dan dijual di kisaran Rp 8 juta.

Biaya Prouksi Oculus Rift Hanya 2.7 Juta Rupiah

IHS Markit melakukan penilaian biaya produksi dengan cara menilai harga komponen-komponen yang digunakan Oculus untuk menyusuh sebuah headset Rift. Berdasarkan penilaian mereka, harga komponen paling mahal dari sebuah Oculus Rift ada di dua buah panel layar AMOLED dari Samsung, dengan harga hampir USD 70. Selain komponen tersebut, terdapat beberapa komponen, termasuk beberapa chip, dengan harga lebih rendah untuk sebuah Rift.

aat mengumumkan harga Rift, Oculus sempat menyebutkan bahwa USD 600 adalah harga yang mereka rasa pantas untuk perangkat tersebut, dengan mengesampingkan keuntungan mereka. Namun, hasil IHS Markit menunjukkan bahwa Oculus bisa saja mendapatkan untung besar. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang tampaknya masih belum disertakan IHS Markit dalam penilaian biaya produksi mereka.

Beberapa komponen untuk Oculus Rift disebut harus dipesan secara khusus karena tidak tersedia di pasar, termasuk lensa yang digunakan. Harga dari komponen khusus tersebut bisa jadi akan di atas harga pasar komponen standar serupa. Selain itu, Oculus juga harus menghitung biaya pengembangan perangkat dari awal dan juga biaya pengembangan aplikasi untuk Rift. Mungkin saja, bila biaya-biaya tersebut disertakan ke biaya produksi perangkat, “keuntungan” Oculus tidak akan sebesar yang diperkirakan, atau bahkan bisa jadi sangat kecil. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Miryam Tegaskan Tidak Pernah Bagikan Dana Korupsi E-KTP

Miryam Tegaskan Tidak Pernah Bagikan Dana Korupsi E-KTP

Jakarta – Mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Hariyani membantah menjadi koordinator pembagian uang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis