Home > Ragam Berita > Internasional > Jet Tempur dan Pembom Milik Tiongkok Bergerak ke LCS

Jet Tempur dan Pembom Milik Tiongkok Bergerak ke LCS

Beijing – Kondisi Laut Cina Selatan (LCS) kini sangat menegangkan. Sebab, Tiongkok telah mengerahkan pesawat pembom dan jet tempur ke pulau sengketa. Hal tersebut dilakukan sebagai perang latihan lantaran Tiongkok diputuskan tidak berhak atas hak historis LCS.

Jet Tempur dan Pembom Milik Tiongkok Bergerak ke LCS

Menurut seorang Kolonel Senior Shen Jinke dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Angkatan Udara (AU) Tiongkok telah mengirim sejumlah pesawat bomber H-6 dan jet tempur Su-30. Pengiriman ini bertujuan untuk memeriksa wilayah udara di sekitar Kepulauan Spratly dan Scarborough Shoal.

”AU saat ini tengah melakukan proses normalisasi patroli tempur di LCS, melakukan latihan, hingga meningkatkan kemampuan respons terhadap segala jenis ancaman keamanan dan menjaga kedaulatan nasional, keamanan dan kepentingan maritim,” ujar Kolonel Jinke sebagaimana diberitakan Express pada Minggu (7/8/2016).

Dalam kesempatan terpisah, Jepang mengeluarkan protes baru setelah kapal penjaga pantai Tiongkok dan sekira 230 kapal nelayan berlayar dekat perairan yang diklaim Jepang. Merespons insiden ini, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Shinsuke Sugiyama memanggil Duta Besar Tiongkok untuk Jepang, Cheng Yonghua untuk mengajukan protes keras.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying, dalam sebuah pernyataan yang di-posting di situs kementerian, mengatakan Tiongkok memiliki kedaulatan yang tak terbantahkan atas pulau-pulau dan perairan di dekatnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...