Home > Ragam Berita > Nasional > Mahfud MD: Yang Dikatakan Haris Azhar Sudah Jadi Pengetahuan Umum

Mahfud MD: Yang Dikatakan Haris Azhar Sudah Jadi Pengetahuan Umum

Yogyakarta – Pasca Freddy Budiman dieksekusi mati, cerita berlanjut ke Koordinator Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeraaan (KontraS) Haris Azhar yang memberikan pernyataan tentang pengakuan Freddy Budiman pada dirinya pada 2014 lalu tentang keterlibatan aparat dalam bisnis narkoba.

Namun kini Haris Azhar justru menghadapi tuntutan dari beberapa institusi yang disebutkan dalam pernyataannya karena dianggap Haris telah mencemarkan nama baik dengan memberikan pernyataan tanpa bukti.

Menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, sebenarnya apa yang dikatakan oleh Haris Azhar bukanlah hal yang luar biasa karena itu semua sudah menjadi pengetahuan umum.

“Banyak yang bisa disampaikan tentang tulisan itu. Misalnya, sebenarnya yang dikatakam Haris Azhar itu kan bukan lagi rahasia umum tapi udah jadi pengetahuan umum. Bahwa banyak TNI, polisi dan BNN terlibat itu kan sudah pengetahuan umum. Bahkan Budi Waseso sendiri yang mengatakan itu sampai dua kali, waktu berkunjung ke kantor Slank itu bilang bahwa sulit menangani narkoba karena TNI, polisi, BNN terlibat. Artinya bukan hal baru sebenarnya,” kata Mahfud di Yogyakarta, Sabtu (6/8/2016) malam.

Mahfud bahkan mengatakan bahwa apa dilakukan oleh Haris Azhar seperti cerita dalam film drama thriller tahun 2003 yang berjudul The Life of David Gale.

“Tapi ada dugaan yang lain juga, Haris Azhar ini mau melakukan uji coba, misalnya saya melihat seperti yang dikatakan David Gale itu, seorang profesor di Amerika di dalam film Life of David Gale, kan dia menjadikan dirinya sebagai korban hukuman mati tapi meninggalkan bukti-bukti bahwa bukan dia yang melakukan kejahatan. Dia melakukan itu hanya untuk menyatakan bahwa hukuman mati adalah salah, wong saya dihukum mati ternyata bukan saya (yang melakukan). Lalu dia dihukum mati, lalu temannya mengungkap bahwa yang membunuh bukan dia (David Gale),” kata Mahfud.

“Saya bisa menduga Haris Azhar melakukan itu karena dia juga mau meniru David Gale, artinya menyatakan bahwa hukuman mati terhadap Freddy mungkin salah, si Haris Azhar ini kan pejuang anti hukuman mati. Semua pejuang HAM toh, saya juga pejuang HAM tapi tidak anti hukuman mati. Jadi bisa dilihat macam-macam, banyak hal di situ,” Mahfud menambahkan.

Mahfud juga menjelaskan, terkait pelaporan terhadap dirinya yang menyebutkan Haris Azhar telah melakukan pencemaran nama baik, bisa saja hal itu dibatalkan asalkan Haris mencabut pernyataannya.

“Makanya kan tinggal kearifan hukum dari penegak hukum saja. Bahwa memang tidak ada bukti tapi itu sebenarnya hal yang sudah menjadi pengetahuan umum. Kan kalau pencemaran begitu kan tidak harus ditindak, itu kan delik aduan, kalau dicabut bisa selesai. Kecuali kalau pidana biasa,” ucap Mahfud.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

PKB Tanggapi Santai Pilihan PAN Terkait UU Pemilu

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mempermasalahkan perbedaan sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang ...