Home > Teknologi > Games > Playstation Vita Bisa Dibajak

Playstation Vita Bisa Dibajak

Tokyo – Untuk urusan keamanan, Sony sepertinya belajar banyak dari dua konsol generasi pertamanya yang bisa dibilang, langsung bisa dibobol sejak beberapa bulan sejak rilis. Berkaca dari kasus Playstation 3 yang sistem keamanannya baru “rontok” setelah beberapa tahun rilis, dua produk andalan Sony saat ini – Playstation Vita dan Playstation 4 juga berbagi level keamanan yang sama. Fakta bahwa handheld Sony yang seolah menemukan momentum kesuksesannnya kembali ini masih belum diretas sejak rilisnya di tahun 2012 silam tentu jadi sebuah prestasi tersendiri. Kini di usianya yang sudah menyentuh angka kelima, sistem keamanan Playstation Vita akhirnya runtuh. Seperti dilansir Eurogamer, Jumat (5/8/2016), sebuah exploit baru dirilis dan bisa diaplikasikan untuk firmware terbaru sekalipun.

Playstation Vita Bisa Dibajak

Exploit baru yang bisa Anda pasang via fitur browser bernama HENkaku ini menjadi pusat perhatian. Bukan hanya karena proses yang sangat mudah untuk mengunduh dan menggunakannya, tetapi juga kesempatan untuk membuat PS Vita kini berperan sebagai mesin gaming dengan fungsi “lebih”. Juga bekerja untuk Playstation TV (Vita TV), sejauh ini exploit ini baru digunakan untuk menjalankan beragam emulator yang sebelumnya tak bisa dilakukan. Walaupun harus diakui, sebagian besar darinya masih belum sempurna, termasuk masalah dari sisi suara dan framerate.

Namun pertanyaan besarnya tentu saja satu, apakah ini berarti Playstation Vita sudah bisa dibajak seperti halnya PSP di masa lalu? Untuk saat ini, belum. Sang developer sendiri tak membuka fitur tersebut untuk HENkaku. Dalam pernyataan resminya, ia bahkan mengaku mendesainnya sedemikian rupa sehingga tools yang mereka kembangkan saat ini akan sulit untuk digunakan langsung untuk menciptakan game bajakan. Walaupun tak terhindarkan bahwa tools tersebut akan dimanfaatkan orang lain untuk menuju ke arah sana, setidaknya mereka sudah berjuang untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Sony sendiri masih belum angkat bicara soal exploit yang tengah hangat diperbincangkan ini, atau setidaknya bagaimana cara mereka akan menghalau exploit yang ternyata sudah bisa diaplikasikan di firmware terbaru sekalipun ini. (Rini Masriyah – harianindo.com)

x

Check Also

Nintendo Dikabarkan Bakal Hilangkan Miiverse pada November 2017

Nintendo Dikabarkan Bakal Hilangkan Miiverse pada November 2017

Tokyo – Nintendo telah mengumumkan bahwa Miiverse – jejaring sosial miliknya yang unik yang diluncurkan ...