Home > Ragam Berita > Nasional > JPPR Nilai Jalur Independen Pilgub DKI Sepi Peminat

JPPR Nilai Jalur Independen Pilgub DKI Sepi Peminat

Jakarta – Jelang Pilgub 2017, kondisi politik di Jakarta kian memanas. Beberapa partai pun telah memilih calonnya. Namun, ada juga yang memilih jalur independen.

JPPR Nilai Jalur Independen Pilgub DKI Sepi Peminat

Deputi Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sunanto menjelaskan, jumlah calon perseorangan di Jakarta masih sama. Belum terjadi peningkatan signifikan. Sebagaimana pada 2012, hanya ada sembilan pasangan.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta secara resmi telah menutup pendaftaran bagi calon Gubernur DKI dari jalur perseorangan.

”Kalau menurut saya sama saja, dan trennya memang kalau pilgub, calon perseorangan tidak banyak,” kata Sunanto pada Senin (8/8/2016).

Menurut dia, masih banyak masyarakat yang belum tertarik untuk maju di pilgub melalui jalur perseorangan, lantaran terdapat regulasi ketat. Namun, lanjutnya, regulasi ketat juga bisa menjaring calon yang berkualitas.

”Karena terkadang calon perseorangan itu jumlah dukungan KTP-nya nanti tidak sejalan dengan hasil perolehan suaranya saat pemungutan suara. Berarti kan ada yang tidak tepat,” ujar Sunanto.

Sekadar informasi, salah satu bakal Calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur Independen, Ichsanuddin Noorsy membawa sedikitnya 600 ribu fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan formulir dukungan sebagai persyaratan kepala daerah melalui jalur perorangan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Ternyata Lembaga Ini Yang Melarang Panglima TNI Masuk AS

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang memasuki wilayah Amerika Serikat oleh US Custom ...