Home > Ragam Berita > Internasional > Tiongkok Diimbau Tidak Menaikkan Tensi di Laut Tiongkok Timur

Tiongkok Diimbau Tidak Menaikkan Tensi di Laut Tiongkok Timur

Tokyo – Hubungan Jepang dan Tiongkok kini makin panas. Hal tersebut terjadi karena Negeri Tirai Bambu tersebut memasang radar dan kamera pemantau pada awal Agustus 2016. Pemasangan tersebut dilakukan di kilang minyaknya, tepatnya di Laut TiongkokTimur (LCT). Karena itu, Negeri Sakura melayangkan protes melalui jalur diplomasi.

Tiongkok Diimbau Tidak Menaikkan Tensi di Laut Tiongkok Timur

Kali ini Tiongkokkembali mengasapi Jepang dengan mengirim 14 kapalnya ke wilayah sengketa Laut TiongkokTimur sepanjang akhir pekan lalu. Tokyo dan Beijing diketahui terlibat sengketa perebutan Pulau Senkaku (Jepang) atau Diaoyu (China).

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (8/8/2016), Jepang melalui Kepala Kabinet Yoshihide Suga mendesak tetangganya itu berhenti melakukan provokasi. Suga terus meminta sang tetangga tidak menaikkan ketegangan di kawasan Laut TiongkokTimur.

Pada Minggu 7 Agustus 2016, kapal-kapal coast guard dan pemerintah memasuki area sengketa di kepulauan yang tidak berpenghuni tersebut. Aksi penetrasi tersebut seakan tidak mengindahkan protes-protes yang dilancarkan Jepang dalam beberapa pekan terakhir.

Sepanjang semester I-2016, ratusan kali pesawat tempur Jepang harus berakrobat sedemikian rupa untuk menghalau pesawat tempur Tiongkokdi atas perairan Laut TiongkokTimur. Aksi tersebut dilakukan karena Jepang menilai aktivitas militer Tiongkokdi kawasan itu meningkat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Arab Saudi Akan Hukum Mati Pemuda Disabilitas

Arab Saudi Akan Hukum Mati Pemuda Disabilitas

Riyadh – Dunia internasional mengkritik tajam keputusan pengadilan banding Arab Saudi yang tetap menjatuhkan hukuman ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis