Home > Teknologi > Sains > Ilmuwan Telah Pecahkan Misteri Urat Mineral di Mars

Ilmuwan Telah Pecahkan Misteri Urat Mineral di Mars

California – Curiosity Rover mendapati hal aneh di Mars pada tahun lalu. Hal aneh tersebut adalah urat berwarna-warni. Nah, astronom kini mendapatkan wawasan baru mengenai masa lalu Planet Merah. Mereka yakin bahwa Mars pernah berair.

Ilmuwan Telah Pecahkan Misteri Urat Mineral di Mars

Para ilmuwan telah menemukan urat mineral yang ditemukan saat itu kemungkin besar terbentuk oleh penguapan danau Mars Kuno. Para peneliti mengatakan, urat mineral penuh sulfur dan bahkan mungkin telah mendukung kehidupan asing di masa Planet Mars berair.

Ilmuwan di Universitas Terbuka dan Universitas Leicester menggunakan Curiosity untuk mengeksplorasi Yellowknife Bay di kawah Gale. Diameter kawah ini membentang seluas 96 mil dan memiliki gunung membumbung dari lantai kawah. Para peneliti mempelajari urat mineralogi itu jalur untuk air tanah di mudstone.

”Rasa air tanah Mars ini akan menjadi agak tidak menyenangkan dengan sekira 20 kali berisi sulfat dan natrium dari botol air mineral misalnya,” kata Profesor John Bridges dari University of Leicester.

Studi menunjukkan urat ini dibentuk karena sedimen dari danau purba yang terkubur, dipanaskan hingga sekira 50 derajat Celsius dan berkarat. Penguapan danau kuno di Yellowknife Bay akan menyebabkan pembentukan silika dan deposit yang kaya sulfat.

Endapan asli kemungkinan merupakan gipsum, mineral putih atau abu-abu lembut yang terdiri dari kalsium sulfat terhidrasi. Deposit ini kemudian dilarutkan dalam air tanah, dan kemudian menjadi bagian dari batu dari kawah Gale.

Hal ini menyebabkan urat sulfat terbentuk di Yellowknife Bay. Mudstone dengan urat sulfat di kawah Gale mirip dengan komposisi batuan di Watchet Bay di North Devon. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Wow, V774104 Menjadi Objek Terluar yang Mengorbit pada Matahari

Jakarta – Pluto sebelumnya menjadi objek terakhir dalam tata surya. Namun, ternyata ada objek lain ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis