Home > Ragam Berita > Nasional > Dirjen Bina Marga Disebutkan Ikut Menerima Suap Terkait Proyek Infrastruktur di Maluku

Dirjen Bina Marga Disebutkan Ikut Menerima Suap Terkait Proyek Infrastruktur di Maluku

Jakarta – Pada lanjutan sidang kasus dugaan suap dengan terdakwa anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti terungkap bahwa uang suap yang mengalir dari pengusaha terkait proyek pembangunan infrastruktur di Maluku tidak hanya diterima oleh sejumlah anggota Komisi V DPR saja namun juga kepada beberapa pejabat di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dirjen Bina Marga Disebutkan Ikut Menerima Suap Terkait Proyek Infrastruktur di Maluku

Menurut kesaksian Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary di depan Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (8/8/2016), uang suap juga diterima oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hediyanto W Husaini senilai USD 60 ribu atau sekitar Rp 787 juta.

“Benar, uang-uang itu saya serahkan langsung,” ujar Amran di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Menurut Amran, uang itu adalah hasil pinjaman dari beberapa orang pengusaha, diantaranya adalah So Hok Seng alias Aseng, dan Abdul Khoir.

Selain kepada Hediyanto W Husaini, uang suap juga diberikan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Taudik Widjojono senilai USD 20 ribu, dan Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Pekerjaan Umum A Hasanuddin senilai USD 10 ribu.

Sekjen Kementerian PUPR Taudik Widjojono sendiri pernah mengatakan bahwa dirinya pernah menerima uang dari Amran, namun kemudian uang tersebut ia kembaikan kepada Amran karena ia tidak mau terlibat kasus hukum yag terkait dengan Damayanti Wisnu Putranti.

Seperti diketahui, beberapa anggota Komisi V DPR seperti Damayanti Wisnu Putranti, Budi Supriyanto, dan Andi Taufan Tiro, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menerima suap dari pengusaha yang mengharapkan mendapatkan proyek infrastuktur di Maluku yang dananya berasal dari dana aspirasi yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Pakar Digital Marketing : Gaya Anies-Sandi Dinilai Paling Santun di Medsos

Pakar Digital Marketing : Gaya Anies-Sandi Dinilai Paling Santun di Medsos

Jakarta – Anies Baswedan dan Sandiaga Uno adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis