Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Nilai PDIP Akan Pilih Risma Jadi Cagub DKI

Pengamat Nilai PDIP Akan Pilih Risma Jadi Cagub DKI

Jakarta – Dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Pilkada DKI 2017, semakin panas juga bursa calon Gubernur yang akan dimajukan untuk melawan incumbent Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pengamat Nilai PDIP Akan Pilih Risma Jadi Cagub DKI

Menurut peneliti dari CSIS Arya Fernandes, meskipun Ahok adalah calon paling kuat hingga saat ini dbandingkan yang lainnya namun belum tentu juga Ahok bisa memenangi Pilkada DKI kalau PDIP ternyata mengusung calon kuatnya.

“Ahok memang sangat kuat makanya publik tidak mempermasalahkan dia independen atau parpol. Tapi kalau Ahok berhadapan dengan calon kuat dan didorong partai yang kuat juga itu juga akan terjadi pertarungan yang seru,” kata Arya Fernandes, kepada wartawan, Selasa (9/8/2016).

Partai kuat yang dimaksudkan adalah PDIP yang mempunyai sejarah pemilih yang loyal dibandingkan dengan partai-partai lainnya.

“Kita lihat apakah di Pilkada pemilih PDIP akan loyal kepada instruksi partai atau tidak. Jadi ini adalah tantangan Ahok, kalau PDIP tidak mengusung Ahok apakah dia mampu menjaga loyalitas pemilih PDIP ke dia atau tidak,” katanya.

Terkait siapa yang akan dicalonkan oleh PDIP, Arya menilai PDIP mempunyai pilihan sulit soal hal ini.

“Ya sejauh ini nama-nama yang sudah beredar sudah mulai banyak ada nama Tri Rismaharini disebut-sebut, ada nama Budi Waseso, ada nama Ganjar Pranowo. Ini ditentukan juga oleh Megawati apakah akan diboyong atau tidak. Memang PDIP dilema kalau dia dukung Risma di Jakarta, di Jatim tentu terancam,” katanya menganalisa.

“Tapi kalau kita lihat kecenderungan PDIP di Pilkada besar kecenderungannya dia akan dukung kader, seperti Jokowi di Pilgub DKI, Oneng di Pilgub Jabar, Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng, Effendi Simbolon di Sumut. Jadi kalau kecenderungannya ini dia akan pilih Risma,” pungkasnya.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Jakarta – Seorang wisatawan asal Prancis harus berurusan dengan pihak keamanan saat hendak memasuki Taman ...