Home > Ragam Berita > Internasional > Pasukan Afghanistan Bakal Menghadapi Serangan Gabungan Taliban dan ISIS

Pasukan Afghanistan Bakal Menghadapi Serangan Gabungan Taliban dan ISIS

Kabul – ISIS dan Taliban adalah dua kelompok yang paling ditakuti di Afghanistan sepanjang 2015. Keduanya pun selalu berebut kekuasaan. Namun, Belum lama ini, mereka menyepakati sebuah perjanjian. Keduanya bersatu untuk melawan pasukan pemerintah.

Pasukan Afghanistan Bakal Menghadapi Serangan Gabungan Taliban dan ISIS

Pasukan Afghanistan yang didukung Amerika Serikat (AS) selama ini menggunakan rivalitas kedua kelompok itu untuk menyingkirkannya dari wilayah kekuasaan masing-masing. Namun, konflik keduanya mereda dalam beberapa bulan terakhir.

”Mereka (ISIS) terlibat perang mematikan dengan Taliban sebelumnya. Tetapi, dalam dua bulan terakhir, tidak ada pertarungan antara keduanya,” ujar komandan pasukan Afghanistan Mohammad Zaman Waziri sebagaimana diberitakan Russia Today pada Selasa (9/8/2016).

Perjanjian gencatan senjata kedua kelompok tersebut memungkinkan ISIS menyerang pasukan Afghanistan di Provinsi Nangahar dan Kunar. Wilayah tersebut diketahui pernah menjadi basis kekuatan Al Qaeda.

Masuknya kelompok militan ISIS ke Afghanistan dimulai pada 2015. Selain menyebarkan pengaruhnya, ISIS berusaha meraih kontrol terhadap produksi heroin di Afghanistan dan menyelundupkannya lewat wilayah-wilayah yang berada di bawah kekuasaan ISIS di Timur Tengah.

Sementara Taliban telah menghantui Afghanistan sejak dua dekade terakhir. Mereka mendeklarasikan perang terhadap pasukan Pemerintah Afghanistan yang didukung oleh AS karena tidak mau ada campur tangan pihak Barat demi menegakkan negara Islam. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Hubungan Spanyol dan Catalonia Makin Panas

Madrid – Hingga pukul 10.00 waktu setempat (15.00 WIB), Presiden Catalonia Carles Puigdemont tetap tidak ...